Oleh: museumku | 10 Desember 2014

Museum Dibangun di Pacitan

Pemerintah menyiapkan pembangunan museum manusia prasejarah di dekat Goa Song Terus, di Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bangunan itu akan menampung semua artefak hasil penelitian dan penggalian di situs tersebut sejak tahun 1994, terutama benda-benda yang membuktikan kehidupan manusia prasejarah sejak 300.000 tahun lalu.

Rencana pendirian museum itu dibahas oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kacung Marijan, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemdikbud Harry Widianto, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Jawa Timur, dan Bupati Pacitan Indartato, di Punung, Pacitan. ”Kami ingin hasil penelitian terdokumentasi sekaligus diketahui masyarakat. Kami ingin melindungi temuan ini, sekaligus menjadikan museum sebagai pusat pendidikan,” tutur Kacung, di Pacitan, Sabtu (6/12).

Dalam kerja sama pembangunan museum, Pemerintah Kabupaten Pacitan menyediakan lahan dan Kemdikbud membangun gedungnya. ”(Kami) butuh lahan minimal 1 hektar. Namun, kami (Kemdikbud) bisa juga menambah 1 hektar. Jadi, total 2 hektar, biar ada ruang terbuka hijau,” kata Harry. Indartato menyepakati kerja sama ini sehingga penyusunan rencana teknis dapat langsung dilakukan pada tahun 2015. ”Tahun 2016, kami bisa memulai pembangunan museum,” ucap Harry.

Museum manusia prasejarah Pacitan di Desa Wareng nanti dipadukan dengan lokasi penggalian di Goa Song Terus dan Museum Buono Keling serta Goa Tabuhan yang berdekatan. Titik-titik lokasi di Kecamatan Punung ini nanti bisa menjadi satu paket wisata arkeologi. ”Auranya tidak hanya keindahan alam, tetapi juga kesejarahannya,” kata Kacung.

Nama ”Song Terus” berarti goa yang tidak buntu dan memiliki dua pintu di arah yang berlawanan. Goa itu memang menembus bukit batu gamping, sekaligus terhubung dengan sungai di bawahnya. (IVV)

(Sumber: Kompas, Senin, 4 Desember 2014)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: