Oleh: museumku | 28 November 2010

Jumlah Kunjungan Museum Bali Capai 21.566 Orang

bali.antaranews.com, Jumat, 16 Juli 2010 – Kepala Seksi Edukasi dan Prevarasi Unit Pelayanan Teknis (UPT) Museum Bali Ida Ayu Putu Arini mengatakan bahwa museum yang dikelola pihaknya telah menyedot sebanyak 21.566 pengunjung.

Pengunjung sebanyak itu terhitung datang ke Museum Bali selama Januari hingga Juni 2010, kata Arini di Denpasar, Jumat.

Ia menyebutkan, pengunjung sejumlah itu terdiri atas 15.048 warga negara Indonesia dan 6.518 warga asing yang sebagian besar adalah wisatawan yang sedang melancong di Bali.

Mengenai dana yang berhasil dikumpulkan dari para pengunjung, Arini menyebutkan mencapai Rp53.432.000 dari hasil penjualan karcis.

Untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap benda-benda bersejarah yang di koleksi di Museum Bali, ia mengatakan salah satu upaya yang ditempuh adalah lewat sosialisasi bekerja sama dengan pihak terkait.

“Melalui Program Museum Year, kami adakan kerja sama dengan ‘travel agen’, pihak hotel, kemudian mengadakan pameran, lomba-lomba termasuk kegiatan seminar sebagai media promosi,” ujarnya menjelaskan.

Di samping itu, untuk meningkatkan minat pengunjung terutama anak sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi Bali juga telah menyerukan kepada pihak sekolah untuk dapat mengajak anak didiknya berkunjung ke museum saat hari-hari libur.

Arini menjelaskan, sebagai museum etnografi atau museum umum, Museum Bali mengoleksi benda-benda peninggalan purbakala mulai dari etnografi prasejarah hingga benda bersejarah masa kini dari seluruh kabupaten di Bali.

Guna lebih meningkatkan keberadaan museum, lanjut dia, pihaknya akan melakukan revitalisasi pada 2011, antara lain berupa perbaikan gedung pameran, penataan taman, dan tata pameran untuk interior di ruangan yang berarsitektur Bali.

“Ada beberapa gedung yang akan diperbaiki, seperti Gedung Tabanan, Karangasem, Buleleng, dan Gedung Timur di bagian lantai satu dan dua,” ucapnya menjelaskan.

Hal tersebut dilakukan agar keberadaan Museum Bali semakin diminati dan dicintai masyarakat, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, katanya.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori