Oleh: museumku | 14 Agustus 2010

Museum Jadi Tujuan Belajar dan Wisata

mediaindonesia.com, Jumat, 7 Mei 2010 – Museum dapat menjadi sarana belajar, dan sekaligus berwisata bagi masyarakat, kata Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Tazbir.

“Di negara maju, keberadaan museum sangat penting bagi masyarakat, karena bisa menjadi sarana belajar dan berwisata. Melalui museum seseorang bisa mengenal perjalanan peradaban sebuah negeri, sekaligus mengukur kualitas sebuah bangsa,” katanya di Yogyakarta, Jumat (7/5).

Ia mengatakan beberapa museum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini perlu mendapat perhatian serius terutama dari pemerintah.

“Selain masalah kenyamanan dan kebersihan, penataan museum di banyak kota di Indonesia termasuk Yogyakarta dinilai masih sangat kuno. Dari tahun ke tahun tidak ada sesuatu yang baru dan berubah, katanya.

Berkaitan dengan pencanangan Tahun Kunjungan Museum (TKM) 2010, Tazbir mengatakan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata telah mencanangkan Gerakan Cinta Museum di Indonesia.

Upaya itu, menurut dia dimaksudkan agar masyarakat semakin dekat dan mengenal museum sebagai sarana belajar dan berwisata.

Terkait dengan hal tersebut, kata dia Dinas Pariwisata DIY tidak tinggal diam, dan terus berupaya membangun promosi serta menjalin kerja sama dengan kalangan pemangku kepentingan pariwisata. Termasuk bekerja sama dengan Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY.

“Kami telah menjalin kerja sama dengan Barahmus DIY, bahkan Ketua Barahmus DIY Donny Megananda berkunjung ke Dinas Pariwisata untuk membicarakan masa depan museum di daerah ini,” kata Tazbir.

Menurut dia, Dinas Pariwisata DIY memiliki perhatian dengan Tahun Kunjungan Museum.

Upaya yang dilakukan pihaknya pada tahun ini di antaranya menyelenggarakan Festival Museum pada 26-28 Oktober, serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke museum khususnya dari kalangan pelajar di provinsi ini.

“Barahmus sangat mendukung upaya Dinas Pariwisata DIY untuk mengenalkan museum di provinsi ini yang jumlahnya banyak agar diminati wisatawan, baik mancanegara maupun wisatawan nusantara,” kata Tazbir. (Ant/OL-7)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: