Oleh: museumku | 19 Mei 2011

Menyambut Hari Museum Internasional 18 Mei: Bincang-bincang Museum: Quo Vadis Museum Kita?

Para narasumber dan moderator, dari kiri Muhammad Rafiq, Kausar Adjab Khan, Adolf Heuken, Sulistyo Basuki, Intan Mardiana, dan Yunus Arbi

Setiap 18 Mei diperingati oleh berbagai negara di dunia sebagai Hari Museum Internasional atau Museum Day. Di Indonesia serangkaian kegiatan menarik diselenggarakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemerintah dan swasta hingga komunitas, seperti pameran, pemutaran film, diskusi, dan aneka lomba.

Komunitas Jelajah bersama Museum Bank Indonesia di hari itu menyelenggarakan talk show yang diberi tajuk “Bincang-bincang Museum: Quo Vadis Museum Kita?” Tempat pelaksanaan di auditorium Museum Bank Indonesia, Jalan Pintu Besar Utara 3.

Bertindak sebagai narasumber Direktur Museum Intan Mardiana dengan topik “Revitalisasi Museum: Kebijakan dan Implementasinya”, Penasehat Komunitas Jelajah Prof. Sulistyo Basuki (Pemaparan Hasil Penelitian tentang Pengunjung Museum: Studi Kasus Pengunjung Museum di Wilayah Kota Tua Jakarta), Pakar Museum Yunus Arbi (Strategi Pengelolaan Museum dalam Mendukung Tercapainya Gerakan Nasional Cinta Museum), Pakar Sejarah Jakarta Adolf Heuken (Pemanfaatan Museum dan Heritage untuk Pendidikan dan Pariwisata), dan Finalis Putri Pariwisata 2010 Kausar Adjab Khan (Pandangan dan Harapan Generasi Muda mengenai Museum). Bertindak sebagai moderator Penyiar i-Radio FM Muhammad Rafiq.

Kegiatan talk show dibuka oloeh Deputi Gubernur Bank Indonesia Ardhayadi Mitroatmodjo. Pemaparan mengenai kebijakan permuseuman dilakukan oleh Direktur Jendral Sejarah dan Purbakala Aurora Tambunan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori