Oleh: museumku | 16 Maret 2011

Surat dari Direktur Jendral Sejarah dan Purbakala (1)

Dear Sepur-ers dan Bud-jak-ers,

Pada tanggal 13 Maret 2010 (pada waktu itu saya masih jadi Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata), kami dan British Council membuat suatu kegiatan untuk mengangkat keberadaan Museum Sejarah Jakarta dan Jakarta Kotatua. Project spektakuler tersebut namanya VIDEO MAPPING: JAKARTA CREATIVE CITY. Museum Sejarah Jakarta, atau lebih ngetop dengan nama Museum Fatahillah, gedung museum bekas kantor gubernur zaman VOC itu kami ubah menjadi layar untuk pemutaran film 3 D. Ribuan penontonton yang memadati halaman Taman Fatahillah benar2 terkesima, karena tontonan seperti ini tergolong baru banget di Jakarta. Bayangkan saja kalau tiba-tiba dengan kemampuan multimedia yang canggih, Museum Sejarah Jakarta itu terlihat menjadi hidup, atau tiba-tiba rontok ber-keping2 dan lenyap dari depan mata, digantikan rawa-rawa tahun 1596. Pokoknya seru abis.

Setahun kemudian, pada tanggal 12 Maret 2011 (saya sekarang sudah di Ditjen Sejarah dan Purbakala hehe), kami akan me-launch kegiatan yang diberi nama MYSTERY OF BATAVIA. Chemistry dengan British Council rupanya tidak putus dengan perubahan tempat kerja. Dengan payung GERAKAN NASIONAL CINTA MUSEUM, kami menggarap project yang tidak kalah spektakulernya. Kali ini mural yang ada di dinding Ruang Etnografi Museum Sejarah Jakarta karya pelukis Harjadi “dihidupkan”. Lukisan Harjadi tersebut aslinya tidak selesai diwarnai, tetapi dengan teknik animasi, lukisan tersebut bisa diselesaikan bahkan tokoh dalam lukisan tersbut “dihidupkan” oleh tokoh2 dari Teater Koma. Brilliant! Dengan cara yang sangat kreatif, koleksi sebuah museum menjadi focal-point dari serangkaian program yang dikemas dalam komik, treasure-hunt-game, teater dsb. Silakan ajak anak atau anda sendiri membuka http://www.mysteryofbatavia.com untuk mengetahui lebih banyak tentang kegiatan ini dan sekaligus secara fun mengenalkan Cagar Budaya Masa Kolonial Jakarta Kotatua melalui permainan2 yang pasti akan disukai kaum muda Indonesia.

Nah, malam ini, 12 Maret 2011, pk 18.00, di Taman Fatahillah, akan ada launching MYSTERY OF BATAVIA oleh Gubernur DKI Jakarta. Saya juga diminta memberikan sambutan sebagai Dirjen Sejarah dan Purbakala untuk mengenalkan GERAKAN NASIONAL CINTA MUSEUM. Dalam kesempatan ini akan ada repeat-performance dari VIDEO MAPPING: JAKARTA CREATIVE CITY yg dulu pernah dipertunjukkan persis setahun yl.

Untuk yang belum sempat lihat tahun lalu, saya sangat menganjurkan untuk datang malam ini ke Taman Fatahillah untuk melihat langsung pertunjukan 15 menit tsb. Akan ada 2x show: pk 19.35 dan pk 20.55. Habiskan malam minggu anda di Taman Fatahillah Kotatua Jakarta. Gratis kok. Datang ke sana naik busway aja, turun di depan Stasiun Kota, gak usah bawa mobil, ribet hehe. Ajak anak keponakan dan remaja kita untuk bukan sekadar melihat, tapi justru dapat terinspirasi bahwa dengan kreativitas, banyak lho yang bisa kita buat untuk memanfaatkan ruang publik secara menarik. Untuk menggugah anda utk mau datang ke Taman Fatahillah untuk melihat langsung pertunjukan VIDEO MAPPING, silakan klik dulu

sembilanmatahari.com

untuk melihat rekaman dari VIDEO MAPPING yang dilaksanakan di Taman Fatahillah pada tanggal 12 Maret 2010 tahun yl. Kereeen banget lho. Tapi sensasi yang terjadi kalau melihat langsung di lapangan dengan ribuan orang, bedaaa banget. Percaya deh! hehe

OK see you all there.
Kita sukseskan GERAKAN NASIONAL CINTA MUSEUM!

[Aurora Tambunan]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori