Oleh: museumku | 5 September 2014

Tarik Ulur Pengelolaan Museum Mulawarwan

Museum MulawarmanKOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA

Wisatawan mengunjungi Museum Mulawarman di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (3/9). Museum ini menyimpan sebagian koleksi Kesultanan Kutai Kartanegara. Namun, sebagian pengunjung merasa museum ini kurang menarik dan kurang interaktif dalam menampilkan koleksinya.

Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rita Widyasari mendesak Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur agar pengelolaan Museum Mulawarman di Tenggarong diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Rita beralasan agar Museum Mulawarman lebih menarik minat masyarakat.

”Banyak keluhan, kekurangan, dan hal-hal yang harus diperbaiki di museum itu, tetapi kami yang selalu disalahkan. Padahal, status Museum Mulawarman milik provinsi. Sudah beberapa kali saya meminta agar status museum itu diberikan kepada kami untuk kami kelola, tetapi belum diserahkan,” ungkap Rita, Kamis (4/9), di Tenggarong, Kalimantan Timur (Kaltim).

Museum yang berada di tepian Sungai Mahakam, Kota Tenggarong, itu kurang memberi kesan. Begitu masuk, tidak ada pemandu yang mengarahkan dan mendampingi. Informasi tertulis yang menerangkan koleksi juga minim. Bahkan, banyak koleksi yang tak ada penjelasan tertulisnya.

Parlin (25), warga Jakarta, yang kemarin mengunjungi museum ini, kecewa. Menurut dia, Museum Mulawarman kurang fokus menampilkan ciri khasnya, yakni koleksi Kesultanan Kutai Kartanegara. Ada koleksi yang tidak perlu ditampilkan, misalnya replika Candi Borobudur.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemerintah Provinsi Kaltim Adiyat membenarkan, Kutai Kartanegara sudah beberapa kali meminta Museum Mulawarman untuk dialihkan statusnya. Ia pun memahami bahwa banyak keluhan masyarakat atas museum ini. Namun, status museum ini masih di bawah Pemprov Kaltim. ”Kami coba mendiskusikan ini dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim,” ucap Adiyat. (PRA)

(Sumber: Kompas, Jumat, 5 September 2014)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: