Oleh: museumku | 8 Maret 2014

Mengenal Museum Tani Jawa Indonesia

TaniMuseum Tani Jawa Indonesia (foto Yan Arief)

Museum adalah tempat untuk menyimpan barang-barang bersejarah yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum untuk melihat sejarah masa lampau mengenai perjuangan, kondisi dulu dan lain lain. Salah satu museum unik yang ada di Kabupaten Bantul adalah Museum Tani Jawa Indonesia. Museum Tani Jawa Indonesia ini berdiri pada 2005, dirintis oleh Kristya Bintara. Museum ini dulunya menempati rumah joglo milik Subandi, Dukuh Kanten.

Karena gempa melanda Bantul dan sekitarnya tahun 2006, pada 2007 Museum dipindah ke lokasi tanah milik Sarjono/Purwo wiyono (Ki Condro), sesepuh di kampung wisata Candran, Kebonagung, Imogiri Bantul. Dari sinilah nama Museum Tani Jawa Indonesia mulai dikenal.

Museum Tani Jawa Indonesia menyimpan berbagai alat pertanian, baik tradisional maupun modern, dan juga berbagai informasi mengenai budidaya tanaman pertanian. Harapannya dengan adanya museum ini generasi muda terutama yang mengunjungi museum ini dapat merasakan dan mewarisi nilai-nilai sejarah pertanian di Jawa khususnya.

Peralatan pertanian yang tersimpan di museum ini berupa peninggalan Mataram Kuno, baik yang terbuat dari kayu, besi ataupun batu. Peralatan tersebut antara lain lesung, lumping, sabit/arit, luku/bajak, garu, grobak, cangkul, keranjang, wajan, cowek, ani-ani, caping, gosrok, dan genthong.

Event-event menarik diselenggarakan oleh pengelola seperti perlombaan tandur (tanam) padi, Pentas seni Tradisional dan Budaya, festival memedi sawah dan pameran hasil pangan.

Museum Tani Jawa Indonesia terbuka untuk umum, mulai Senin hingga Minggu, pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Untuk informasi silakan menghubungi Kristya Bintara di No. (0274) 7892762 atau (0274) 7865311.

(Sumber asli: DI SINI)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: