Oleh: museumku | 3 Agustus 2010

Museum, Rp 6 Miliar Hidupkan Benteng Vredeburg

Kompas Yogyakarta – Selasa, 27 Juli 2010 – Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta akan dihidupkan pada 2011 dengan dana bantuan pemerintah pusat. Berbagai aspek fisik dan nonfisik museum akan ditingkatkan untuk membuatnya menarik.

Vredeburg merupakan satu dari 33 museum di Indonesia yang akan mendapat dana revitalisasi dari pemerintah pusat sebesar Rp 6 miliar. Museum lain di DIY yang mendapat anggaran adalah Museum Sonobudoyo.

Kepala Kelompok Kerja Penyajian dan Publikasi Museum Vredeburg Suharja mengatakan, anggaran itu akan dipakai untuk menambah sarana dan prasarana museum, seperti peningkatan taman, penambahan pohon penyejuk, patung penghias, dan air mancur di halaman tengah areal benteng.

Halaman tengah juga akan dilengkapi dengan beberapa set meja bulat dan kursi yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk duduk-duduk atau mengakses komputer dengan layanan internet nirkabel museum. Sebuah kafe yang dikerjasamakan dengan swasta juga akan berdiri memanfaatkan salah satu ruangan di sisi barat benteng.

Di ruang pamer, diorama akan dilengkapi tambahan koleksi benda- benda bersejarah. Lampu diorama yang kerap dikeluhkan terlalu redup akan ditambah untuk kenyamanan pengunjung.

Empat ruang diorama yang terdiri atas 55 peristiwa sejak zaman Pangeran Diponegoro hingga sejarah modern Yogyakarta juga akan dilengkapi dengan audio berisi narasi otomatis. Audia akan aktif saat pengunjung menyambangi diorama tersebut.

“Akan ada juga 15 unit komputer interaktif yang bisa diakses pengunjung untuk melengkapi data-data sejarah yang tak terdapat di diorama,” kata Suharja.

Kepala Museum Vredeburg Sri Ediningsih mengatakan, seluruh revitalisasi bertujuan meningkatkan daya tarik museum. “Selain aspek fisik, kami juga membenahi aspek sumber daya manusia dan tata pamer museum agar pengunjung tak bosan-bosan,” ujarnya.

Seluruh revitalisasi ini akan dijalankan bertahap sepanjang 2011. Harapannya, jumlah kunjungan ke benteng yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada 1760 itu meningkat.

Sejak tahun 2007, grafik kunjungan ke Vredeburg terus meningkat dari 56.000 orang pada 2007 menjadi 68.000 orang (2008) dan 103.000 orang (2009). Hingga Juni 2010, jumlah pengunjung telah mencapai 74.000 orang. “Diharapkan, hingga akhir tahun nanti jumlahnya bisa mencapai 150.000 pengunjung,” ujar Sri. (ENG)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: