Oleh: museumku | 24 Februari 2012

Museum: Sangiran Kekurangan Dana

KOMPAS, Senin, 20 Feb 2012 – Pembangunan empat klaster museum di situs manusia prasejarah Sangiran masih kekurangan dana. Sejak dibangun pada 2002 hingga sekarang, baru satu klaster Krikilan seluas 1,6 hektar yang selesai dibangun. Masih ada tiga klaster yang akan dikembangkan jadi museum dan membutuhkan dana sekitar Rp 15 miliar.

”Ketiga klaster direncanakan selesai 2015, tetapi tahun ini kucuran dana untuk Sangiran hanya Rp 1,5 miliar,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, Jumat (17/2).

Sebagai situs manusia prasejarah, Sangiran menyimpan informasi yang sangat penting bagi dunia penelitian karena di situs seluas 56 kilometer persegi itu tersimpan jejak evolusi manusia ataupun lingkungannya selama 2 juta tahun tanpa putus. Selain Krikilan, ketiga klaster yang akan dibangun di Sangiran adalah Ngebung, Bukuran, dan Dayu. Pembangunan klaster Krikilan telah menghabiskan dana Rp 37,5 miliar.

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran Harry Widianto mengatakan, Sangiran juga akan diusulkan kepada UNESCO untuk menjadi Category 2 Centres UNESCO. Dengan Kategori 2 ini berarti UNESCO akan ikut membiayai Sangiran, selain Pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah setempat.

Dengan bergabung di Kategori 2, Sangiran juga akan memiliki hubungan ke berbagai situs serupa di dunia, seperti Zhoukoudian di China, Swartkrans di Afrika Selatan, dan Koobifora di Afrika Timur. ”Kalau masuk Kategori 2, Sangiran bisa menjalin program kerja sama dengan situs-situs serupa lainnya,” kata Harry. Selain itu, Sangiran akan dipublikasikan secara internasional. (IND)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori