Oleh: museumku | 8 Desember 2011

Workshop GNCM Bertema “Museum dan Masyarakat”

Tribunnews.com – Rabu, 7 Desember 2011 – Pakar Permuseuman dari Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Agus Aris Munandar mengatakan keberadaan museum di Indonesia termasuk, Museum Sri Baduga yang ada di Bandung masih belum memiliki daya tarik yang tinggi bagi masyarakat untuk mengunjunginya.

“Memang museum itu harus mengacu tiga pilar, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk kepribadian bangsa, dan memperkokoh ketahanan nasional serta wawasan nusantara. Tapi kalau belum mampu menarik masyarakat untuk datang, tentu ketiga pilar itu tidak akan sampai kepada masyarakat,” kata Agus saat ditemui wartawan seusai Workshop Gerakan Nasional Cinta Museum di Museum Sri Baduga, Rabu (7/12/2011).

Menurutnya, kondisi museum yang belum maksimal fungsinya itu dikarenakan kondisi yang wajar, karena kebijakan pemerintah sekarang ini harus memfokuskan dulu pada sektor ekonomi. Sektor kebudayaan baru menjadi sorotan setelah sektor ekonomi maju.

“Jadi selain memiliki permasalahan yang kompleks, memang di negara manapun sektor kebudayaan baru difokuskan setelah sektor ekonomi maju,”kata Agus.

Meski demikian ujar, Agus, dalam upaya mengubah citra museum di mata masyarakat, museum harus dibenahi agar enak dikunjungi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. (ddh)

Selain workshop, diadakan pula sosialisasi kepada 50 siswa SD yang berlokasi di sekitar Museum Sri Baduga. Sambutan utama diberikan oleh Direktur Permuseuman, Intan Mardiana. Sementara pembukaan kegiatan dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Ir. H. Herdiwan.

Pembicara dalam workshop adalah Sigi Wimala, sekaligus tugas pertamanya sebagai Duta Museum, yang baru dikukuhkan 1 Desember 2011 lalu. Pada sesi kedua pembicara adalah Prof. Dr. Agus Aris Munandar (Departemen Arkeologi FIB UI) dan Yunita Iriani Syarief (Widyaiswara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat).

Setelah mengikuti workshop, Sigi Wimala melakukan pengenalan museum di Museum Geologi. Selain melihat berbagai koleksi, Sigi diajak ke ruang preparasi dan gudang penyimpanan fosil yang berusia jutaan tahun. (ds)


Galeri foto:

Museum Sri Baduga

Peserta workshop dan sosialisasi di Ruang Auditorium Museum Sri Baduga

Direktur Permuseuman, Intan Mardiana, sedang memberikan sambutan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Ir. H. Herdiwan, memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan

Duta Museum, Sigi Wimala, sedang memberikan paparan pada sesi pertama

Pembicara sesi kedua, Yunita Iriani Syarief (kiri) dan Agus Aris Munandar (kanan)

Kunjungan Sigi Wimala ke Museum Geologi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori