Oleh: museumku | 18 Agustus 2010

Museum RAA Koesoemadiningrat Akan Dipindahkan

pikiran-rakyat.com, Rabu, 30/12/2009 – Koleksi Museum RAA Koesoemadiningrat Kabuyutan Jambansari di Kec/Kab. Ciamis dipindahkan ke Rumah Pusaka Selagangga milik Rukun Wargi Koesoemawinata. Dengan adanya pemindahan seluruh benda pusaka yang berusia sekitar 100 tahun hingga 1.300 tahun tersebut, kompleks yang sudah masuk dalam benda cagar budaya hanya menyisakan makam mantan Bupati Ciamis ke XVI dan keluarganya.

Juru Kunci (kuncen) Jambansari, Muhammad Ubub Bunyamin (83) mengakui adanya pemindahan tersebut. Hanya saja dia mengatakan secara pasti tidak mengetahui alasan mengapa benda tersebut dipindahkan daru museum Jambansari.

“Saya tidak tahu persis alasan pemindahan itu. Dan saya juga tidak bisa apa-apa sebab itu bukan wewenang saya. Saat ini ruang museum kosong, jadi saat ini saya hanya mengurus makam RAA Koesoemadiningrat,” ungkap Bunyamin didampingi salah seorang kerabatnya, Selasa (29/12).

Dengan adanya pemindahan tersebut dia juga mengatakan bahwa sebagai penunggu tidak memiliki permintaan khusus. Hanya saja Bunyamin berharap agar tidak ada tuntutan dari pihak manapun berkenaan dengan dipindahkannya koleksi museum.

“Sekali lagi saya hanya sebagai penunggu, tidak punya permintaan apa-apa. Soal benda pusaka yang dipindahkan saya juga tidak punya hak untuk melarangnya. Sedangkan saat ini kalau ada kelambu penutup makam yang hilang, itu jadi tanggungjawab kuncen,” ujarnya seraya menambahkan batu gada yang berada di tengah rerimbunan pohon wregu juga ikut dipindah. (A-101/A-50)**

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori