Oleh: museumku | 25 Juli 2011

Terpilih, 12 Museum Terfavorit Di Indonesia

suarasurabaya.net, 23 Juli 2011 – Upaya museum-museum Indonesia yang mulai berbenah dan mempercantik diri beberapa tahun terakhir ini untuk menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum, mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. 9 Museum Indonesia terpilih menjadi museum terfavorit dalam 3 kategori: Sejarah/Arkeologi, Seni Budaya, Iptek/Geologi/Biologi dan 3 museum lainnya terpilih dalam Kategori Pilihan Editor.

Untuk Kategori Sejarah/Arkeologi, Museum Bank Indonesia terpilih sebagai museum terfavorit, House of Sampoerna sebagai museum terfavorit untuk Kategori Seni Budaya, sedangkan untuk Kategori Iptek terpilih Museum Geologi. Adapun Museum Bahari terpilih sebagai museum terfavorit untuk Kategori Pilihan Editor.

Riset yang dilakukan oleh majalah National Geographic Traveler pada bulan April hingga Mei 2011 lalu, dilakukan dalam dua tahap. Pertama yaitu menjaring kriteria museum yang baik dan menarik untuk dikunjungi melalui diskusi panel bersama pemerhati dan praktisi museum di Indonesia untuk 3 kategori museum: sejarah/arkeologi, museum seni budaya, dan museum iptek/geologi/biologi. Tahap kedua adalah dengan melakukan jajak pendapat online melalui laman http://traveler.nationalgeographic.co.id/survei.

Walaupun hasil survei tidak dapat mewakili keseluruhan pandangan masyarakat Indonesia, namun pengalaman wisatawan dalam menikmati kunjungan ke museum memberikan pandangan yang berbeda tentang bagaimana seharusnya museum itu.

Seperti yang ditunjukkan hasil survei Museum House of Sampoerna (HoS) yang menempati bangunan berusia lebih dari 145 tahun ini. Dari 649 responden, 63% menyatakan museum yang berlokasi di kawasan Surabaya lama ini menarik dalam penataan ruang atau interior, peragaan (58%), kelancaran arus kunjungan (32%), kepiawaian pemandu fasih berbahasa Inggris (30%). HoS yang dikunjungi rata-rata 11.000 pengunjung per bulan memenuhi kriteria koleksi terpelihara baik (61%), kelengkapan fasilitas museum (30%) dan program/acara menarik (30%).

Lain halnya dengan Museum Geologi yang berhasil meningkatkan tipe pengunjung wisatawan yang awalnya hanya 10% dan anak sekolah 90%, menjadi lebih dari 70% kunjungan adalah wisatawan. 55 responden (36%) setuju bahwa penataan ruang atau interior museum yang berlokasi di Bandung ini ditata dengan baik, 63% responden menegaskan koleksi museum geologi menarik, serta pemeliharaan koleksi yang baik (58%).

Lebih lanjut, 80% responden menyatakan penataan koleksi Museum Bank Indonesia (BI) yang baru diresmikan pada tahun 2009 ini menarik, pemeliharaan koleksi baik (59%), lengkap (29%), kelengkapan fasilitas museum (49%), penataan interior (71%), dan kelancaran arus pengunjung (45%).

Tercatat setidaknya 279 museum dimiliki oleh Indonesia menurut Direktorat Museum Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Tak hanya perayaan hari Museum Internasional yang diperingati setiap 18 Mei, mengutip rilis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (23/7/2011), berbagai aktivitas untuk mempromosikan museum-museum di Indonesia seperti Gerakan Cinta Museum dan Tahun Kunjung Museum yang dicanangkan pada tahun 2010 juga dilakukan untuk menarik pengunjung untuk berwisata pendidikan ke Museum.(tok)

Iklan

Responses

  1. Wow, fantastic blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your website is magnificent, let alone the content!. Thanks For Your article about Terpilih, 12 Museum Terfavorit Di Indonesia | Museum untuk Persatuan dalam Perbedaan .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori