Oleh: museumku | 28 Februari 2012

Museum Kumpulkan Dana Masyarakat untuk Beli Lukisan

pikiran-rakyat.com, Minggu, 26/02/2012 – Museum seni Ashmolean di Kota Oxford, Inggris, memimpin kampanye untuk menyelamatkan sebuah lukisan karya perupa Prancis beraliran impresionis, Edouard Manet. agar tidak dijual ke luar Inggris. Lukisan itu berjudul Potrait of Mademoiselle Claus, yang dibuat 1868, yang dipercaya merupakan lukisan potret diri istri teman Manet.

Kampanye penyelamatan lukisan itu dilakukan museum itu, karena lukisan tersebut — yang baru dipamerkan satu kali di depan umum — akan dijual oleh pemiliknya, seorang seniman bernama John Singer Sargent. Sargent yang memiliki lukisan itu sejak 1984 akan menjualnya seharga £28.35 juta kepada seorang pembeli dari luar Inggris yang tidak diketahui identitasnya.

Tetapi pemerintah Inggris melarang upaya penjualan karya pelukis tersohor itu dengan alasan melanggar aturan ekspor barang karya seni berkualitas tinggi. Untuk itulah, pemerintah menawarkan jalan tengah yaitu mempersilakan pemilik museum di Inggris untuk membelinya dengan harga yang telah disepakati dengan pemiliknya, yaitu sekitar £ 7.8 juta.

Di sinilah masalahnya. Harga yang dipatok itu dianggap terlalu mahal di mata para pemilik museum di Inggris. Namun demikian, Museum Ashmolean — yang akhirnya bersedia membeli lukisan itu — berupaya menawar agar harganya diturunkan serta beban pajaknya dikurangi.

Museum yang terletak di Kota Oxford, Inggris, menyebut lukisan itu “mengungkapkan informasi baru yang menarik tentang metode kerja Edouard Manet, salah seorang perupa terbesar dalam seni modern”.

Kurator museum itu kemudian menyatakan lukisan itu “karya agung yang dapat menguak rahasia karya Manet di mata masyarakat serta para pemerhati Manet”.

Lebih lanjut, Direktur Museum Ashmolean Dr Christopher Brown mengatakan: “Ini adalah salah satu lukisan paling penting dari abad 19”.

Museum ini kini berupaya mengumpulkan dana dari masyarakat serta kalangan swasta sebelum masa batas penjualan pada Agustus mendatang. Subyek lukisan karya Edouard Manet ini adalah Fanny Claus, pemain biola dan teman istri Manet.(bbc/A-147)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori