Oleh: museumku | 8 November 2010

Museum MH Thamrin Bakal Diperluas

BERITAJAKARTA.COM, 30-09-2010 – Untuk menata areal kompleks museum agar lebih terlihat cantik serta memberikan kesempatan bagi berbagai kegiatan masyarakat, pengelola Museum MH Thamrin yang terletak di Jalan Kenari II, Kenari, Senen, Jakarta Pusat berencana memperluas areal kompleks dan merehab bangunan museum. Dengan perluasan areal kompleks serta bangunan museum diharapkan, pemberdayaan masyarakat Betawi dapat lebih ditingkatkan sesuai dengan keinginan tokoh Betawi yang juga menjadi pahlawan nasional MH Thamrin.

Saat ini, luas areal kompleks Museum MH Thamrin hanya sekitar 3.620 meter persegi. Luas areal itu, rencananya akan ditambah sekitar 2.500 meter persegi sehingga total luas areal kompleks bertambah menjadi 6.120 meter persegi. Proyek perluasan areal kompleks serta rehab bangunan museum akan dilakukan mulai awal tahun 2011 mendatang. Pada tahun yang sama, diharapkan proyek itu dapat selesai dan bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh pengunjung yang datang. Setidaknya, proyek ini akan membebaskan tanah milik warga yang bermukim di RT 12, 14, dan 15 RW 04.

Seluruh tanah dan bangunan warga yang terkena pembebasan, bahkan pohon dan sarana umum lainnya yang terkena proyek ini akan diberi ganti rugi. Mengenai berapa besaran biaya ganti rugi itu, sayangnya pihak pengelola belum mau menyebutkannya. Namun, sesuai dengan nilai jual objek pajak (NJOP) di kawasan ini antara Rp 2 juta hingga Rp 2,4 juta per meter persegi.

Setia Gunawan, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Juang 45, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta selaku pengelola Museum MH Thamrin mengatakan, perluasan areal kompleks museum akan dilakukan ke sisi barat dan timur. Untuk tahap awal, perluasan akan dilakukan di sisi barat museum. “Sisi barat akan terlebih dahulu kita bangun,” ujar Setia, Kamis (30/9).

Untuk tahap awal, ditambahkan Setia, pihaknya akan melakukan sosialisasi seputar rencana pengembangan agar warga tidak kaget saat petugas melakukan pendataan, maupun pematokan batas areal yang akan dibebaskan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori