Oleh: museumku | 21 Mei 2017

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Museum Kebangkitan Nasional

Upacara-01Upacara Hari Kebangkitan Nasional di halaman Museum Kebangkitan Nasional (Foto: Djulianto Susantio)

Seperti biasanya, setiap tahun Museum Kebangkitan Nasional menyelenggarakan upacara Hari Kebangkitan Nasional. Upacara tersebut dilaksanakan pada 20 Mei. Setiap 20 Mei dirayakan sebagai Hari Kebangkitan Nasional berdasarkan pada berdirinya organisasi pergerakan nasional pertama, Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional dihadiri sejumlah kalangan masyarakat di Jakarta, seperti pegawai museum, pelajar, komunitas, pramuka, dan masyarakat umum. Bertindak sebagai inspektur upacara Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid.

Malamnya, pada tanggal yang sama, Museum Kebangkitan Nasional menyelenggarakan pergelaran wayang golek. Tema yang diangkat dalam pergelaran itu adalah Perthiwi Pariwara. Bertindak sebagai dalang Ade Casmita E. Apit Sunarya.

Upacara-02Pasar rakyat oleh warga sekitar (Foto: Djulianto Susantio)

Untuk menyemarakkan acara itu, jalan di sekitar museum ditutup selama satu hari. Banyak warga sekitar ikut berpartisipasi dalam acara dengan membuka lapak-lapak dagangan.

Mei memang bulan yang sibuk buat Museum Kebangkitan Nasional. Sebelumnya terlaksana Festival Museum Kebangkitan Nasional pada 13-15 Mei 2017 yang diikuti para pelajar. Selanjutnya pada 23 Mei 2017 akan berlangsung diskusi.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: