Oleh: museumku | 14 Agustus 2010

Museum Keraton Mataram Islam Siap Dibuka

mediaindonesia.com, Kamis, 12 Agustus 2010 – MUSEUM Keraton Mataram Islam di Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap dibuka untuk masyarakat umum.

“Museum ini sebenarnya sudah beberapa tahun lalu siap dioperasikan, tetapi pada 2006 bangunannya mengalami kerusakan akibat gempa bumi. Setelah selesai direnovasi, dalam waktu dekat segera dibuka, dan bisa dikunjungi masyarakat umum,” ujar Kasi Purbakala Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Riharyani, Rabu (11/8).

Menurut Riharyani, saat ini Museum Keraton Mataram Islam di Pleret sedang dipersiapkan untuk diperkenalkan kepada masyarakat umum. “Kami juga sedang melengkapi koleksi museum ini,” katanya.

Mengenai pemenuhan syarat museum, Riharyani mengatakan, saat ini museum itu belum memenuhi persyaratan, terutama dalam jumlah koleksinya yang belum banyak, dan sumber daya manusianya masih terbatas untuk merawat serta mengelolanya.

“Jumlah koleksi berupa benda bersejarah hanya sekitar 100 buah, dan sebagian besar merupakan koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakal (BP3) Yogyakarta,” ujarnya.

Museum Keraton Mataram Islam di Pleret saat ini masih di bawah naungan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, namun nantinya akan diserahkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul setelah museum ini memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai museum, terutama dalam hal jumlah koleksinya. (Ant/X-12)

Iklan

Responses

  1. oke aku siap mengunjungi , aku penggemar berkunjung ke museum


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori