Oleh: museumku | 12 April 2014

Dana Revitalisasi Rp 109 Miliar Cair

Baru-01Tampilan baru di Museum Kebangkitan Nasional, Jalan Abdul Rahman Saleh No. 26, Jakarta Pusat

KOMPAS, Sabtu, 12 April 2014 – Dana revitalisasi 39 museum milik pemerintah pusat dan daerah sebesar Rp 109 miliar segera cair. Dana ini diharapkan mampu memodernkan museum sehingga makin memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

”Pencairan dana diharapkan sepenuhnya akan beres minggu depan,” kata Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harry Widianto, di Jakarta, Jumat (11/4).

Dana revitalisasi museum tahun ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp 146 miliar. Padahal, tahun lalu, ada 30 museum yang direvitalisasi, lebih sedikit dibandingkan dengan tahun ini.


Tata pamer

Museolog Kartum Setiawan, yang pernah ikut mendesain revitalisasi museum Kemdikbud pada 2012, mengatakan, persoalan museum ini, antara lain, terletak pada tata pamer dan sumber daya manusia.

Kartum pernah membuat kajian rencana induk museum Manokwari, Papua Barat, karena Papua Barat ternyata belum memiliki museum. Padahal, koleksinya cukup banyak untuk dipajang. ”Untuk itu sumber saya manusia menjadi sangat penting dan sudah siap sebelum museum berdiri. Untuk luar Jawa, ini tidak mudah,” sambung Kartum.

Asep Kambali, Ketua Komunitas Historia Indonesia, mengatakan, pengelola museum kini tidak hanya berkutat di ruangan tetapi juga harus bisa menangani situs web dan media sosial agar museum terus bergaung.

Saat ini terdapat total 300 museum di Indonesia, enam di antaranya milik pemerintah pusat. Sisanya, hanya 25 museum milik provinsi dan selebihnya milih pemerintah kota/kabupaten serta perseorangan (swasta).

Jumlah pengunjung museum memang meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2011, hanya sekitar 1,7 juta pengunjung, pada 2012 meningkat tajam menjadi 6,4 juta orang, dan 2013 mencapai 8,8 juta pengunjung. (IVV)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: