Oleh: museumku | 7 November 2011

Ayo Mengintip Koleksi Museum Batik Kuno Danar Hadi

MI/FERDINAND

mediaindonesia.com, Rabu, 2 November 2011 – BATIK merupakan warisan budaya yang diakui dunia sebagai milik Indonesia. Salah satu upaya pelestarian batik terlihat pada Museum Batik Kuno Danar Hadi, Solo. Museum memiliki koleksi kain batik kuno asli Indonesia mencapai jumlah 10.000 lembar.

Koleksi batik terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya: batik Belanda, batik China, batik Jawa, hokokai, batik pengaruh India, batik Kraton, batik pengaruh Kraton, batik sudagaran, batik petani, batik Indonesia, dan batik Danar Hadi. Tak heran tema yang diusung museum adalah “Batik: Pengaruh Zaman dan Lingkungan”.

Semerbak bunga sedap malam dan melati menyelimuti museum. Penggunaan kedua bunga alami merupakan salah satu upaya dalam menjaga kualitas koleksi batik agar tetap awet dan baik. Pihak pengelola menyebutkan bahwa pewangi ruangan biasa berpengaruh terhadap kulaitas kain, bahkan bisa merusaknya.

Sebanyak 700 lembar kain batik kuno dipamerkan di museum. Dalam jangka waktu tujuh sampai sembilan bulan akan diganti dengan koleksi lainnya. Museum difasilitasi dengan tanda panah sebagai petunjuk, pemandu dan informasi tentang kain batik di setiap sisi kain batik yang dipajang.

Pengunjung dilarang memegang kain karena tangan manusia mengandung garam yang dapat merusak kain. Memotret menggunakan blitz juga tidak diperbolehkan karena kilatan lampu blitz bisa memudarkan warna kain.

Tak hanya untuk pelestarian batik, Museum Batik Kuno Danar Hadi juga bertujuan menarik wisatawan mengunjungi Solo. Kegiatannya lebih ditujukan untuk kegiatan pariwisata bukan tujuan komersil, yakni mempromosikan batik sebagai budaya asli Indonesia.

Museum secara resmi dibuka pada 22 Agustus 2008 oleh Menbudpar Jero Wacik dan merupakan salah satu kawasan One Stop of Batik Adventure. Selain memperoleh pengetahuan terkait batik, pengunjung juga berkesempatan berbelanja produk batik di showroom batik Danar Hadi. (liburan.info/*/X-13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori