Oleh: museumku | 3 Agustus 2010

Museum Iran Protes Kepada British Museum

TEHERAN, (PRLM).- Museum nasional Iran mengatakan pihaknya akan memutuskan semua hubungan dengan British Museum sebagai protes atas keputusan museum ini menunda peminjaman artefak dari zaman Persia.

Artefak bernama Cyrus Cylinder itu diperkirakan berasal dari abad ke-6 sebelum Masehi dan artefak berbentuk silinder itu dianggap sebagai dokumen deklarasai hak-hak pertama di dunia.

British Museum mengatakan pihaknya perlu menyimpan artefak ini hingga pertengahan tahun ini agar bisa melanjutkan penelitian mereka.

Tetapi kepala organisasi kebudayaan Iran mengatakan langkah itu tidak bisa diterima dan bermotif politik. “Organisasi Warisan Kebudayaan memutus semua hubungan dan kerja sama dengan British Museum,” kata ketua organisasi ini, Hamid Baqaie, seperti “Reuters” dan dilansir “BBC”.

Dia mengatakan organisasinya akan mengirimkan sebuah surat pengaduan kepada badan kebudayaan PBB, Unesco dan mengisyaratkan Iran akan menderita kerugian besar akibat penundaan ini.

Dia juga mengancam akan menulis ke semua museum di seluruh dunia berisi peringatan bekerja sama dengan British Museum.

Bulan September 2009, British Museum mengatakan, pihaknya akan menunda pemintaan silinder yang terbuat dari tanah liat karena alasan-alasan teknis tanpa memberikan penjelasan terperinci.

Tetapi bulan lalu, museum ini mengatakan alasan tetap memegang artefak ini agar bisa membandingkannya dengan dua tablet yang baru-baru ini ditemukan. Kedua tablet atau naskah itu diperkirakan berasal dari periode yang sama.

Silinder itu dibuat berdasarkan perintah raja Persia, Cyrus setelah menguasai Babilonia. Artefak yang dipenuhi dengan aksara kuno berukuran kecil ini disebut-sebut berisi hak-hak dasar dan menyarikan toleransi beragama. (A-147)

(pikiran-rakyat.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori