Oleh: museumku | 15 November 2012

Duta Museum Ajak Masyarakat Lebih Mencintai Museum

Oleh: Dahlia Krisnamurti, gayahidup.inilah.com, Kamis, 15 November 2012 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, Cagar Budaya, dan Permuseuman, melakukan sebuah pemilihan untuk sosialisasi mengenai museum. Program ini diberi tajuk Pemilihan Duta Museum.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan, kegiatan itu sebagai tindak lanjut program revitalisasi museum pada 2010.

“Program ini bertujuan untuk membangun kembali citra museum dan mengubah paradigma serta mendekatkan museum ke masyarakat,” kata Wiendu, di Jakarta.

Selama ini, pendekatan museum dan masyarakat masih menggunakan cara-cara lama. Namun, sambung Wiendu, saat ini pola tersebut diubah menjadi partisipasi aktif.

“Tahun lalu, Duta Museum kita adalah Sigi Wimala. Hasilnya, masyarakat semakin mengenal museum,” urainya.

Museum, kata Wiendu, menyimpan pengetahuan mengenai peradaban bangsa. Tapi sayangnya, sedikit masyarakat yang tertarik berkunjung ke museum.

Sementara, Pelaksana Harian Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud R. Widiati menambahkan Indonesia punya lebih dari 200 museum. Kita butuh orang untuk membuka mindset masyarakat dan pemerintah agar mengembangkan museum jadi lebih menarik.

“Dengan adanya duta museum diharapkan akan membantu Duta Museum Nasional untuk mensosialisasikan dan mengkomunikasikan gerakan nasional masyarakat Indonesia untuk mencintai museum,” tambah R Widiati, Pelaksana Harian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (14/11)

Pada kesempatan itu Widiati tidak menyebutkan jumlah target kunjungan masyarakat ke museum-museum di Indonesia. “Kami harap masyarakat yang datang sebanyak-banyaknya,” kata Widiati.

Lisa Ayodya, Penanggung Jawab Pemilihan Duta Museum mengungkapkan pemilihan duta museum ini bukan seperti pemilihan model. Setiap provinsi, memilih dua duta museumnya dan kemudian dua orang itu dikirim ke Jakarta untuk pematangan pengetahuan mengenai museum

“Salah satu tugas pokok dari duta museum adalah mengajak masyarakat untuk mencintai museum,” katanya.

Berbagai materi pembekalan diberikan kepada 66 duta museum tersebut mulai dari pengetahuan tentang museum hingga pelajaran etika.

Untuk diketahui, rangkaian pemilihan Duta Museum, antara lain sosialisasi yang sudah dimulai sejak 6-7 November, pembekalan Duta Museum (15-21 november 2012), malam inagurasi (20 november 2012), dan Museum Mart (22-25 november 2012).


Responses

  1. Penting tuh buat pergi ke museum”..biar tau lebih banyak tentang sejarah dll.. Ak pribadi bru smpt k museum fatahillah, museum wayang, sasmita loka, museum jend.Nasution, Lubang buaya, museum taman prasasti & beberapa museum lain di Jakarta. Tapi pastinya lebih menyenangkan & lebih hemat drpd jalan” ke mall.🙂

  2. Menarik sekali …. Museum sudah punya Duta …… Namanya Duta Museum …. hidupnya paling satu tahun …….. ya ??? harus segera selesaikan tugasmu wahai DUTA MUSEUM …… kepada Ibu Lisa Ayodya : kami mengharap segera tugaskan DUTA MUSEUM sesuai dengan daerah asalnya ……. jangan lupa uang sakunya …… terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori