Oleh: museumku | 29 Februari 2016

Diskusi Museum: Kajian Pengunjung Museum

Diskusi29Feb-1Suasana diskusi museum yang dipandu pakar permuseuman Luthfi Asiarto

Kajian mengenai pengunjung museum merupakan hal yang sering kali didengungkan, namun masih jarang dilaksanakan oleh museum-museum di Indonesia. Kajian pengunjung sering kali dipersempit maknanya hanya sebatas studi atau kegiatan evaluasi yang berhubungan dengan pengunjung museum, yaitu orang-orang yang datang ke museum. Padahal, kajian pengunjung museum mencakup berbagai hal terkait evaluasi dan penelitian yang melibatkan tidak hanya pengunjung, tetapi audiens museum.

Demikian dikatakan Dian Sulistyowati, staf pengajar Departemen Arkeologi FIB UI, dalam diskusi museum di Museum Kebangkitan Nasional, Senin, 29 Februari 2016. Lebih lanjut menurutnya, yang dimaksud dengan audiens museum bukan hanya mereka yang telah datang berkunjung ke museum, tetapi juga mereka yang belum menjadi pengunjung museum atau belum pernah mengunjungi museum dan pengunjung virtual.

“Di era modern ini museum menyadari bahwa sangat penting untuk mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terhadap museum. Hal ini karena suatu kesadaran bahwa museum memiliki peranan di tengah-tengah masyarakat, yaitu untuk memenuhi kebutuhan mereka dari segi pengetahuan, rekreasi, refleksi identitas diri, pewarisan budaya dan seterusnya,” demikian Dian.

Makalah lain dalam diskusi museum disampaikan oleh psikolog Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo. Gita melakukan penelitian deskripstif kualitatif karena bertujuan untuk memahami dan mendapatkan gambaran mengenai pengalaman subyektif. Obyek penelitian adalah sejumlah keluarga dengan pengalaman budaya mereka.

Diskusi museum merupakan kegiatan rutin Museum Kebangkitan Nasional yang diselenggarakan tiap dua bulan. Kegiatan dibuka oleh Kepala Museum R. Tjahjopurnomo dan diikuti sejumlah kepala museum, pemerhati museum, komunitas, dan mahasiswa sejarah/arkeologi.

*Catatan: sedang disiapkan kedua softcopy makalah.

Galeri foto:

Diskusi29Feb-2Suasana diskusi museum yang dihadiri sejumlah kepala museum,
pemerhati museum, komunitas, dan mahasiswa.

Diskusi29Feb-3Diskusi tambahan setelah usai acara


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: