Oleh: museumku | 17 Februari 2011

Jakarta Akan Punya Museum Mobil Tua

(foto : Edo Permanadhita)

okezone.com, Rabu, 2 Februari 2011 – Untuk menambah wawasan masyarakat dan kecintaan terhadap mobil klasik, muncullah wacana membuat sebuah museum yang memamerkan beragam mobil klasik di Jakarta.

Kawasan Kota Tua saat ini dianggap sebagai tempat berkumpulnya berbagai komunitas, sehingga di anggap tempat yang tepat untuk bangun sebuah museum mobil klasik.

Ketika dihubungi Okezone.com, Selasa (1/2/2011), Ermin S. Nasution selaku anggota Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) dan kolektor mobil tua mengatakan kemungkinan Museum Mobil Tua akan diwujudkan pada tahun 2012.

“Sekitar tahun 2012 semoga Museum Mobil Tua akan terealisasi di sekitar Kota Tua, namun saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah Kota Jakarta.” Tegasnya.

Kawasan Kota Tua merupakan kawasan yang mendukung karena lokasinya yang strategis dan memiliki fasilitas umum lainnya berupa museum-museum dan tempat wisata.

Adapun Museum yang ada di Kota Tua, seperti Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Wayang.

Alasan ingin diwujudkannya Museum Mobil selain bagi pecinta mobil klasik adalah bagian dari edukasi, mengetahui sejarah mobil di Indonesia, dan Pariwisata.

Selain banyaknya museum, ditambah fasilitas lain seperti cafe Batavia, stasiun kota dan lain-lainya, hal ini yang menjadi bahan pertimbangan dan menambah akses yang mudah bagi pengunjung.

“Mobil, perbaikan gedung, urusan mengenai isi dari Museum sendiri merupakan swadaya para anggota PPMKI.” Tambah Ermin.

Sekitar 200 mobil tua akan ikut serta, namun akan dibatasi hanya sampai tahun 1964. karena ada juga mobil pembuatan tahun 1902. “Mudah-Mudahan saya akan memamerkan semua koleksi mobil tua,“ tutupnya.
(uky)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori