Oleh: museumku | 22 Juli 2016

Pameran Petisi Soetardjo

Petisi-01Pembukaan pameran Petisi Soetardjo di Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional di Jalan Dr. Abdul Rahman Saleh Nomor 26, Jakarta Pusat, menyelenggarakan pameran bertajuk “Kisah Wakil Rakyat 80 Tahun Petisi Soetardjo” selama satu bulan mulai 21 Juli hingga 21 Agustus 2016. Pameran ini bercerita mengenai kiprah Mas Soetardjo Kartohadikoesoemo, seorang pegawai negeri zaman kolonial Belanda yang menjadi anggota Volksraad, cikal bakal Dewan Perwakilan Rakyat.

Ketika itu Soetardjo memosisikan dirinya bukan sebagai bawahan, melainkan “orang bebas” selaku wakil rakyat yang memiliki kewenangan mengritisi kinerja pemerintah. Pada 1936 Soetardjo mengajukan petisi tentang Indonesia yang otonom secara bertahap. Petisi itu dianggap radikal dan “nyeleneh”.


Kepentingan Rakyat

Soetardjo lahir di Blora (Jawa Tengah), 22 Oktober 1890 dan meninggal di Jakarta, 20 Desember 1976. Sebelum menjadi anggota Volksraad, Soetardjo adalah seorang pegawai negeri yang memulai karier sebagai pegawai magang di kantor asisten Residen Blora.

Petisi-02

Wakil rakyat pada masa kini, sering tertidur di kala rapat

Sebagai anggota Volksraad, Soetardjo dikenal vokal. Suatu ketika ia pernah menuntut perubahan sebutan inlander dalam semua undang-undang menjadi Indonesia. Berbagai gagasan dan usulannya di Volksraad, dinilai banyak berpihak kepada kepentingan rakyat.

Pembukaan pameran dilakukan oleh Direktur Sejarah Kemdikbud, Triana Wulandari, didampingi Kepala Museum Kebangkitan Nasional, R. Tjahjopurnomo. Turut hadir sejumlah kepala museum, guru sejarah, komunitas, dan masyarakat sekitar. Seusai acara pembukaan, dilanjutkan kunjungan ke lokasi pameran temporer.

Petisi-03Direktur Sejarah, Triana Wulandari, sedang
mendengarkan penjelasan dari pemandu pameran

Laporan dan foto: Djulianto Susantio


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: