Oleh: museumku | 13 Mei 2010

Museum Kayu Tuan Himba

Museum Kayu “Tuah Himba” terletak di kawasan Waduk Panji Sukarame atau sekitar 3 km dari pusat kota Tenggarong. Museum ini dibangun pada 1990 dan diresmikan secara simbolis pada 1991. Museum ini dibawah kewenangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat.


KOLEKSI

Koleksi Museum Kayu Tuah Himba adalah beraneka koleksi hasil hutan, di antaranya koleksi daun-daun kering (herbarium), koleksi biji-bijian, koleksi potongan log atau batang pohon yang tumbuh di pulau Kalimantan, alat-alat pengolah kayu, alat-alat dapur tradisonal hingga perabot rumah tangga yang terbuat dari hasil hutan Kalimantan.

Selain itu, koleksi yang menjadi daya tarik di museum ini adalah koleksi dua ekor ‘monster’ buaya yang telah diawetkan. Kedua ekor buaya muara (Crocodelus porosus) ini pernah menggegerkan masyarakat Kaltim pada 1996 karena telah memangsa dua manusia di dua tempat terpisah, yaitu Sangatta (Kabupaten Kutai Timur) dan Muara Badak (Kukar) dalam selisih waktu hanya satu bulan. Kedua buaya besar ini berhasil dibunuh untuk mengeluarkan potongan tubuh korban yang tertinggal di dalam perutnya. Kemudian diawetkan untuk dipajang di Museum Kayu Tuah Himba.

Buaya pertama adalah buaya jantan yang memiliki panjang sekitar 6,6 meter, berat 350 kg dan lingkar perut 1,8 meter dengan usia sekitar 70 tahun. Buaya ini ditangkap pada 8 Maret 1996 di Sungai Kenyamukan, Kecamatan Sangatta (waktu itu masih masuk wilayah Kabupaten Kutai sebelum pemekaran) setelah memangsa seorang wanita bernama Ny Hairani (35). Buaya kedua dengan jenis kelamin betina yang memangsa pria bernama Baddu (40) di Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak (Kabupaten Kukar), berhasil ditangkap pada 10 April 1996. Buaya ini memiliki panjang 5,5 meter, berat 200 kg dengan lingkar perut sekitar 1 meter. Informasi mengenai kedua buaya yang telah diawetkan ini dapat diperoleh melalui pajangan tentang berita mengerikan mengenai buaya yang memangsa manusia ini, termasuk berita tertangkapnya buaya ini oleh pawang buaya yang sangat berpengalaman di Kutai.


ALAMAT

Kawasan Waduk Panji Sukarame
Kabupaten Kutai Timur
Provinsi Kalimantan Timur


JAM KUNJUNG

Selasa – Kamis: 09.00-15.00 WIT
Jumat: 09.00-11.00 WIT
Sabtu: 09.00-16.00 WIT
Minggu: 09.00-12.00 WIT
Senin & Hhari besar Nasional: Tutup


KARCIS MASUK

Rata-rata: Rp 500

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori