Oleh: museumku | 15 Agustus 2010

Harga Tiket Museum Diusulkan Naik

Kompas Sumbagut, Senin, 9 Agustus 2010 – Harga tiket masuk Museum Negeri Sumatera Utara yang menyimpan begitu banyak koleksi budaya Sumut dinilai terlalu murah. Saat ini harga tiket masuk museum untuk umum Rp 750 per orang dan Rp 200 untuk pelajar. Bandingkan dengan parkir sepeda motor di Medan yang praktiknya mencapai Rp 1.000 sekali parkir.

Kepala Museum Negeri Sumut Sri Hartini, Sabtu (7/8), mengatakan, harga tiket ditetapkan murah karena museum mengemban misi pendidikan bagi masyarakat. Penetapan harga tiket saat ini mengacu pada SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1997. Artinya sudah 13 tahun harga tiket tidak naik. Sri mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengusulkan kenaikan harga tiket masuk.

“Kami tengah menggodok berapa kenaikan harga tiket masuk dan direncanakan akan ditetapkan dalam peraturan daerah,” tutur Sri Hartini. Menurut Sri, penetapan harga tiket masuk museum yang baru mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2010 tentang jenis tarif atas penerimaan negara bukan pajak di lingkungan Direktorat Kebudayaan dan Pariwisata.

Harga tiket masuk Museum Negeri Sumut akan disamakan dengan harga tiket Museum Kebangkitan Nasional, yakni umum Rp 2.000 per orang, rombongan Rp 1.000 per orang, dan pelajar Rp 1.000 per orang, sedangkan pelajar yang datang dalam rombongan Rp 500 per orang. Adapun harga tiket bagi pengunjung asing Rp 10.000 per orang. Selama ini harga tiket masuk pengunjung asing dan WNI disamakan.

Sri mengakui pemasukan museum tak seberapa dibandingkan dengan nilai koleksi yang dimiliki dan biaya pengelolaan museum.(WSI)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: