Oleh: museumku | 6 April 2014

Diskusi Sejarah: Perjuangan dan Pengorbanan Pelajar STOVIA Pendiri Boedi Oetomo

Diskusi-01Museum Kebangkitan Nasional, Sabtu, 5 April 2014 menyelenggarakan Diskusi Sejarah bertopik “Perjuangan dan Pengorbanan Pelajar STOVIA Pendiri Boedi Oetomo”. Para pembicara adalah sembilan kerabat atau cucu dari para pendiri Boedi Oetomo.

Karena berdirinya Boedi Oetomo berlangsung pada 20 Mei 1908, tentu tidak banyak yang terungkap dari peristiwa tersebut. Meskipun demikian, para kerabat yang rata-rata berasal dari luar Jakarta itu, mampu memberikan tambahan informasi kepada pihak museum.

Keluarga dr. M. Soelaiman dalam kesempatan itu mengharapkan pembukaan museum-museum kebangkitan nasional di daerah. Apalagi para pendiri Boedi Oetomo itu selalu mengumandangkan gerakan masyarakat yang disebut Indonesia Mulia.

Dari pertemuan itu juga terungkap bahwa di Probolinggo, di tempat kediaman dr. Moh. Saleh dibentuk Museum Kebangkitan Nasional. Begitu juga di Desa Ngepeh, Jawa Timur, tempat kelahiran dr. Soetomo. Selain museum, di desa ini ada patung dr. Soetomo. Di berbagai daerah nama-nama tokoh Boedi Oetomo diabadikan sebagai nama jalan dan nama gedung.

Menurut Kepala Museum Kebangkitan Nasional R. Tjahjopurnomo, diskusi ini diselenggarakan dalam rangka memperoleh masukan tambahan untuk pameran sembilan tokoh Boedi Oetomo Mei 2014 mendatang. Para keluarga berjanji akan menyumbang berbagai perlengkapan yang pernah dipakai kakek buyut mereka, baik benda asli maupun benda replika.

Selain menjadi ajang diskusi, kegiatan ini juga merupakan kangen-kangenan dari keluarga sembilan tokoh. Ada yang memang sudah kenal, ada yang baru kenal hari itu. Sebelumnya para keluarga membentuk “Paguyuban Boedi Oetomo 1908”.

Diskusi-02

Diskusi-03


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: