Oleh: museumku | 7 Mei 2015

Museum Surabaya Diresmikan

Museum-surabayaKOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pengunjung melihat benda koleksi Museum Surabaya yang baru diresmikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (3/5). Museum berisi benda-benda dan catatan kependudukan yang sebagian besar peninggalan Belanda.

Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, meresmikan Museum Surabaya yang berlokasi di dalam bangunan bersejarah di Jalan Tunjungan, Gedung Siola, Minggu (3/5). Museum yang belum sempurna dan masih terus diperbanyak koleksinya tersebut diupayakan menjadi tempat untuk mempelajari sejarah Kota Surabaya.

“Belum ada museum khusus tentang Surabaya. Padahal, Surabaya sendiri pada zaman dulu merupakan kota penting dan menyimpan banyak sejarah,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di sela-sela peresmian.

Museum yang dapat dikunjungi secara gratis itu memajang ratusan benda bersejarah. Sejumlah koleksi antara lain dokumen catatan perkawinan pada tahun 1854 serta beberapa dokumen berbahasa Belanda. Tampak pula daftar nama petinggi Surabaya dan serdadu Belanda korban perang di buku register Makam Kembang Kuning (tahun 1922-1948).

Beberapa perabot tua dari Gedung Balai Pemuda (Simpangsche Societeit yang didirikan tahun 1907) dipajang, seperti kursi, meja, lemari, dan sebuah piano merek Schiedmayer & Soehne buatan Jerman tahun 1809.

Foto-foto Kota Surabaya zaman dahulu dipajang di dinding atau diproyeksikan dengan komputer. Ada juga deretan foto-foto Wali Kota Surabaya mulai dari wali kota pertama A Meyroos yang menjabat tahun 1916.

Menurut penulis buku Hikajat Soerabaia Tempo Doeloe, Dukut Imam Widodo, menghargai kehadiran museum itu sebagai langkah awal yang baik. Pakar tata kota dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Johan Silas mengatakan, sebuah kota besar seperti Surabaya wajib memiliki museum yang menceritakan perjalanan kota tersebut.(DEN)

(Sumber: Kompas, Senin, 4 Mei 2015)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: