Oleh: museumku | 5 Juni 2011

Maluku Utara Dirikan Museum Perang Dunia II

mediaindonesia.com, Selasa, 31 Mei 2011 – Pemprov Maluku Utara akan membangun Museum Perang Dunia II yang akan disesuaikan dengan sejarah dan karakteristik sehingga pembangunan tersebut tidak dinilai asal jadi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Malut Nurlaila Armaiyn di Ternate, Selasa (31/5), mengatakan, pembangunan tersebut akan disesuaikan dengan karakteristik dan disesuaikan dengan sejarah daerah ini, terutama Pulau Morotai yang pada saat itu dijadikan sebagai pangkalan udara pasukan Sekutu di Perang Dunia II.

Menurut dia, pemprov juga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan museum sejarah Perang Dunia II dan belanja modal identifikasi dan pemetaan Benda Cagar Budaya (BCB) bawah laut.

Selain itu, katanya, Pemprov Malut akan berupaya untuk melakukan perawatan dan revitalisasi terhadap sejumlah benteng peninggalan kolonial di Malut.

“Kami akan tetap berupaya merevitalisasi berbagai peninggalan sejarah di Malut. Apalagi daerah ini memiliki sejarah panjang dengan masuknya sejumlah negara Eropa dalam melakukan ekspansi dan mencari rempah-rempah di Malut,” katanya. (Ant/OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori