Oleh: museumku | 8 Oktober 2010

Indonesia Resmi Membuka Galeri Batik

NTD – NEWS, Rabu, 6 Oktober 2010 – Menteri Kebudayaan dan Pariwista RI, Jero Wacik, secara resmi membuka Galeri Batik dengan membuka tali pintu dan menandatangani prasasti galeri, 2 Oktober kemarin. Galeri ini berlokasi di kawasan Museum Tekstil Jakarta, dengan luas 405 meter persegi dan 9 ruang terpisah, untuk memamerkan berbagai jenis batik Indonesia yang dikumpulkan dari tahun 1990 hingga 2009.

Terbatasnya ruang menyebabkan galeri ini hanya dapat menampilkan 120 dari 600 koleksi yang ada, sehingga diterapkan sistem rotasi sebulan sekali. Kualitas batik pun dijaga dengan penyimpanan dalam kotak kaca dan penerangan lampu redup, mengingat batik peka terhadap cahaya dan panas.

[Jero Wacik, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia]:
“Ada galeri batik di KS Tubun, di museum tekstil, maka kunjungilah, orang-orang yang kepingin melihat batik yang bermacam-macam, datanglah ke sini. Ini telah menjadi obyek wisata, obyek belajar. Karena museum sebetulnya kan tempat belajar. Semua museum di Indonesia sebenarnya adalah tempat belajar. Belajar tentang masa lalu, sehingga kita punya kebanggaan dengan masa lalu, dan itu menjadi modal untuk ke masa depan.”

Guna mengatasi terbatasnya ruang galeri ini, rencananya sebelum tahun 2014 pemerintah Indonesia akan membuka museum batik terbesar di dunia.

Penetapan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009, telah membawa fenomena kepopuleran batik di tanah air. Mulai dari penetapan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional, sampai pemakaian motif batik di berbagai jenis barang, termasuk otomotif.

Sunardi, NTD, Jakarta

Iklan

Responses

  1. kereeeeennnnnnn kunjungan balik ditunggu

  2. Info yang sangat bermanfaat
    Salam kenal dan Sukses selalu…

    Baju Batik Distro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori