Oleh: museumku | 10 Februari 2011

Museum Proklamasi Segera Terwujud

Frans Mendur/IPPHOS

Bung Karno dan Bung Hatta proklamasikan kemerdekaan Indonesia, pada hari Jumat, 17 Agustus 1945.

travel.kompas.com, Kamis, 10 Februari 2011 – Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berencana membuat Museum Proklamasi. Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Aurora Tambunan mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (9/2/2011).

“Kami serius sekali menggarap ini. Tahun ini kami kaji dari segi museum, sejarah, dan lain-lain. Kami mulai bikin tahun 2012,” ucapnya.

Museum Proklamasi akan bertempat di Jalan Proklamasi, Jakarta. Dahulu jalan ini bernama Jalan Pegangsaan Timur. Lokasi tersebut lebih dikenal sebagai Tugu Proklamasi.

Aurora menceritakan, di lokasi tersebut dahulu berdiri rumah Bung Karno. “Namun, rumah Soekarno dihilangkan oleh dirinya sendiri, jadi atas seizin Bung Karno. Ini karena beliau khawatir akan ada pengultusan dirinya,” ujar Aurora.

Sebenarnya fondasi rumah Bung Karno masih ada. Menurut Aurora, jika dibangun kembali, hal itu malah akan menghilangkan sejarah. Karena itu, Museum Proklamasi akan bertempat di Gedung Pola yang berada di belakang tugu.

Ia berharap, dengan adanya museum tersebut, unsur-unsur perjuangan lebih terangkat. “Unsur fun harus tetap ada untuk menarik pengunjung. Karena itu, perlu dipikirkan promosi dan tata pamernya,” kata Aurora.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori