Oleh: museumku | 9 Juli 2011

Museum Sulteng Dibobol Maling

mediaindonesia.com, Rabu, 6 Juli 2011 – Museum Sulawesi Tengah (Sulteng) di Jalan Kemiri, Kecamatan Palu Barat Selasa (5/7) dinihari dibobol maling. Namun hingga Rabu (6/7) pihak pengelola museum belum melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

“Kepolisian belum menerima laporan terkait pembobolan yang terjadi di museum Sulteng,” kata Kapolsek Palu Barat Ajun Komisaris Polisi Rendra Octha kepada mediaindonesia.com.

Namun kata dia, pihak Polsek telah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di sejumlah ruangan, mulai dari ruang pejabat museum, pos penjagaan hingga ruang tempat penyimpanan arsip sejarah dengan mengambil sidik jari dan memeriksa kerusakan pada pintu gedung museum.

Dalam olah TKP, polisi tidak menemukan kerusakan, termasuk pada ruangan tempat penyimpanan uang tunai Rp3 juta berhasil dibawa kabur pelaku. Kepolisian masih mengembangkan penyelidikan pada kemungkinan hilangnya arsip sejarah dalam kejadian itu.

“Pelaku juga tidak mengambil barang berharga lainnya seperti laptop yang berada pada ruangan tersebut. Pelakunya bukan profesional. Tidak tertutup kemungkinan kasus ini melibatkan orang dalam,” kata Rendra.

Polisi juga telah memeriksa beberapa pegawai museum sebagai saksi, termasuk pihak pengamanan museum. Hingga kini polisi masih memburu pelaku.

Sebelumnya sempat beredar informasi jika pelaku pembobolan berhasil membawa kabur uang tunai Rp100 juta yang merupakan gaji honorer dan pegawai museum yang menyimpan 7.455 buah koleksi benda bersejarah peninggalan Sulteng tersebut. (HF/OL-04)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori