Oleh: museumku | 15 Juni 2010

Museum Prasasti

Museum Prasasti menempati lahan bekas pemakaman orang Belanda yang dulunya bernama Kebon Jahe Kober. Luas lahan seluruhnya 5,5 hektar. Dibangun pada 1795, sebagai pengganti pemakaman yang sudah penuh di samping Gereja Nieuwe Hollandse Kerk. Makam ini dikhususkan bagi orang-orang Belanda terutama pejabat dan tokoh-tokoh penting. Setelah Indonesia merdeka pemakaman ini masih digunakan untuk umum, terutama bagi yang beragama Nasrani.

Pada 1975 pemakaman Kebon Jahe Kober ditutup, selanjutnya dilakukan pemugaran dan penataan kembali prasasti-prasasti nisan terpilih. Kemudian pada 7 Juli 1977 diresmikan sebagai Museum Prasasti. Prasasti tiada lain merupakan wujud dari ungkapan perasaan seseorang saat ditinggal oleh kerabatnya menghadap Sang Pencipta yang dapat dilihat pada motif dan ornamen pada pahatan prasasti.


KOLEKSI

Koleksi Museum Prasasti berjumlah 1409 buah, meliputi nisan para tokoh pendidikan, seniman, ilmuwan, rohaniawan, dan pejuang. Nama-nama tokoh Belanda yang terpahat di nisan adalah Mayjen J.H.R. Kohler, Dr. W.F. Stutterheim, Dr. H.F.Roll, dan Pieter Erberveld. Nama lain yang juga ada Olivia Maramne Raffles, Miss Riboet, dan Soe Hok Gie.

Secara keseluruhan Museum Prasasti mengoleksi nisan tokoh-tokoh yang dimakamkan di sini maupun yang dipindahkan dari tempat lain yang berasal dari abad ke-17–19. Museum Prasati juga menampilkan miniatur makam dari 26 propinsi di Nusantara. Peti bekas jenasah Bung Karno, Bung Hatta, dan duplikat kereta jenasah Sang Proklamator juga ada di sini.

Koleksi lain museum ini adalah bentuk tugu monumen, piala, patung, karangan bunga, kijing, lempeng batu persegi, replika, dan miniatur.


ALAMAT

Jalan Tanah Abang 1 Jakarta Pusat
Telepon 021.3854060


JAM KUNJUNG

Selasa s/d Kamis: 09.00 – 15.00
Jumat: 09.00 – 14.30
Sabtu: 09.00 – 12.30
Minggu: 09.00 – 15.00
Senin & Hari libur nasional: Tutup


KARCIS MASUK

Dewasa: Rp 3000/orang
Rombongan dewasa: Rp 1500/orang
Mahasiswa: Rp 1000/orang
Rombongan mahasiswa: Rp 750/orang
Anak-anak/pelajar: Rp 650/orang
Rombongan anak-anak/pelajar: Rp 500/orang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori