Oleh: museumku | 19 Oktober 2013

Museum Ronggowarsito

Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah “Ronggowarsito” diresmikan pemanfaatannya untuk masyarakat oleh Mendikbud Prof. Dr. Fuad Hassan pada 5 Juli 1989. Tata penyajian pameran mengacu pada konteks “Eksistensi Manusia Jawa Tengah dan Lingkungannya” dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu, intelektual, estetis romantis, dan evokatif.

Pembangunan Museum Jawa Tengah bertujuan untuk mendokumentasikan, memperagakan, dan mengkomunikasikan semua hasil budaya material. Fungsi museum lebih dititikberatkan pada kegunaannya dalam rangka pengembangan kebudayaan bangsa, pendidikan, pengetahuan, dan penelitian.

Secara keseluruhan kekayaan koleksi yang dimiliki Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah menggambarkan keagungan, keluhuran, dan keanekaragaman khasanah budaya Jawa Tengah sejak zaman prasejarah sampai masa pembangunan. Jumlah koleksi yang dimiliki 59.384 buah, terdiri atas 10 jenis koleksi, yakni koleksi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, keramologika, seni rupa, dan teknologika.


Alamat:

Jalan Abdulrahman Saleh No. 1, Semarang


Waktu Kunjung:

Selasa s.d Kamis: pukul 08.00 – 14.00 wib
Jumat: pukul 08.00 – 11.00 wib
Sabtu – Minggu: pukul 08.00 – 13.00 wib
Senin: tutup

(Sumber: Direktori Museum Indonesia)


Tinggalkan komentar

Kategori