Oleh: museumku | 25 November 2012

Museum KA: Tak Perlu Dialog Lagi dengan Warga

KOMPAS, Selasa, 20 November 2012 – Pemugaran Museum Kereta Api Ambarawa yang akan dilakukan PT Kereta Api Indonesia mengancam warga yang selama ini menempati rumah dinas dan menyewa lahan milik perusahaan kereta api tersebut.

Selasa (20/11), PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mulai mengukur lahan di sekitar museum tersebut. Selanjutnya, PT KAI akan mengosongkan rumah dan kios-kios. Untuk sementara, batas waktu pengosongan hingga 15 Desember mendatang.

”Tak perlu dialog lagi. Dialog sudah dilakukan 13 November lalu, dan kami anggap warga sudah menerima keputusan. Kami akan langsung mengukur dan menginventaris luasan tanah,” ujar Kepala Bagian Humas KAI Daerah Operasional IV Sapto Hartoyo di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin.

Sapto mengatakan, PT KAI akan memberikan tali asih kepada warga yang digusur. Tercatat empat rumah dinas dan 11 bangunan kios di sekitar Museum KA Ambarawa.

Menurut dia, selama ini lahan disewa keluarga mantan pegawai PT KAI (dulu Perusahaan Jawatan Kereta Api/PJKA) dengan membayar uang sewa per tahun kepada KAI. Namun, dalam perjanjian sewa-menyewa disebutkan, penyewa sewaktu-waktu harus pergi jika lahan digunakan.

Sementara itu, warga mengaku resah. Martinah (56), yang 15 tahun berjualan minuman bersama suaminya di kios berukuran enam meter persegi, mengaku tak bisa tidur karena bingung hendak pindah ke mana.

Mimi Maryati Said (48) juga keberatan dengan cara PT KAI mengosongkan kawasan rumah dinas yang ditempatinya lebih dari 40 tahun. ”Saya keberatan karena kami bayar sewa tiap bulan Rp 500.000 dan PBB tiap tahun, tapi tiba-tiba harus pergi dalam waktu satu bulan,” keluhnya. (UTI)


Responses

  1. Reblogged this on intanpurbaarkeologiugm2012.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori