Oleh: museumku | 23 April 2010

Museum Pahlawan Nasional Dr. A.K. Gani

Dr. A.K. Gani adalah seorang pemimpin dan pejuang pada masa kemerdekaan yang berasal dari Palembang. Perjuangannya telah dirintis sejak berusia 18 tahun. Pada 1923 dia bergabung pada organisasi Jong Sumatera Bond (Pemuda Sumatera). Dia juga turut andil dalam mengikrarkan “Sumpah Pemuda” pada 1928.

Untuk mengenang jasa dan pengabdian Dr. A.K. Gani kepada bangsa dan negara, maka keluarga Dr. A.K. Gani melalui Yayasan H.J.R.A Masturah A.K. Gani, mendirikan sebuah museum sebagai tempat untuk mengumpulkan, melestarikan, dan memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan Dr. A.K. Gani.


KOLEKSI

Koleksi museum ini antara lain berupa bintang jasa, piagam, surat-surat keputusan, foto-foto perjuangan, cenderamata, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, buku-buku referensi pribadi, dan mobil jeep.


ALAMAT

Jalan Mp Mangkunegara No. 1,
Sukamaju Sako, Palembang 30168,
Sumatera Selatan
Telepon 0711-824046


JAM KUNJUNG

Senin – Sabtu: 09.00 – 17.00
Minggu: Tutup


KARCIS MASUK

Sukarela

Iklan

Responses

  1. Menyedihkan.. Museum pada kenyataannya yg saya lihat langsung sangat tidak terurus,, bahkan patung Dr. A. K. Gani yang ada di depan museum sgt kusam tak diperhatikan dimana sebagaian museum yg terbuat dari perunggu itu mengalami korosi.. sedih sekali museum dari seorang tokoh dan pahlawan nasional yang juga turut memperjuangkan kemerdekaan bangsa tidak terawat dan sagt tdk diperhatiakan pemerintah.. setahu saya yg mengurus museum itu hanya dilakukan oleh yayasan Dr. A. K. Gani yg dalam hal ini dilakukan oleh keturunannya sendiri bukan dari pemerintah setempat..

    lebih ironis lagi di dpn museum ini terdapat pom bensi yg menutupi halam museum sehingga banyak org yg tidak tahu atau tidak mengira kalau yg ada di hadapannya adalah museum tokoh nasional Indonesia..

    Di kanan dan kiri halaman museum skrng sedang marak dibangun perumahan dan ruko, tinggal menunggu waktunya saja kelak museum ini akan tergusur dan hanya tinggal kenangan apabila pemerintah setempat tidak turun tangan dan memperhatikan kelangsungan dari museum ini..

  2. kita berdoa saja meseum tetap bertahan seperti semangat patung yang kokoh berdiri

  3. mas andrian , saya wartawan lokal palembang, saya naikin brita ini 12/11/2012, mintak data sedikt ya, kemarin tanggal 10/11/2012 saya juga liput keadaan musium ini…… mksh sblmnya

  4. sya yudhis keturunan datuk,,,saya juga prihatin sma meseum tersebut…tapi memang pemerintah tidak mau mengurus…saya pengen sekali mengurus nya tetapi saya sedang kuliah di padang…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori