Oleh: museumku | 21 Desember 2011

Ayo Cintai Museum Lewat Museum Funbike

okezone.com, Senin, 19 Desember 2011 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan Sepeda Gembira Museum atau Museum Funbike. Hal ini merupakan salah satu program kampanye Gerakan Nasional Cinta Museum.

Direktur Permuseuman, Intan Mardiana Napitulu, menjelaskan gerakan sepeda gembira museum bertujuan untuk menyosialisasikan museum kepada masyarakat, agar masyarakat lebih mencintai museum.

“Melalui program sepeda gembira museum ini diharapkan apresiasi masyarakat bisa lebih peduli terhadap museum,” ujar Intan, saat ditemui wartawan setelah melepas rombongan sepeda gembira museum, Minggu, (18/12/2011).

Gerakan museum Fun bike, kata Intan, mengemban misi untuk membangun citra museum agar lebih menarik dan diminati masyarakat.

“Untuk itu, selain mengadakan sepeda gembira museum, kami juga mengadakan wisata museum. Mengajak masyarakat untuk mengenal museum, menjaga museum, dan mulai mencintai museumnya,” terangnya.

Lanjut Intan, kegiatan sepeda gembira museum dan wisata museum akan mengunjungi lima museum.

“Lima museumnya antara lain, museum bank indonesia, museum bank mandiri, museum sejarah jakarta, museum nasional, dan museum polri. disetiap museum akan dilakukan pemutaran film untuk masyarakat lebih mengenal museum di indonesia,” paparnya.

Sementara itu, menurut Sigi Wimala selaku Duta museum, dengan bersepeda, dirinya mengajak agar semua warga masyarakat, khususnya generasi muda mulai menyukai museum dengan sering mengunjunginya. Terlebih lagi saat ini museum tidakseseram apa yang dibayangkan oleh para remaja.

“Di beberapa museum, seperti di Museum Nasional, Museum Bank Mandiri dan Museum Polri sudah didesain sedemikian rupa agar nyaman dan juga dikemas dengan program kreatif dan interaktif sesuai dengan keinginan generasi muda,” kata Sigi

Dia menambahkan pada Museum Polri misalnya, di sana masyarakat tak hanya bisa menyakisakan benda-benda bersejarah saja, tapi juga bisa menyaksikan film pengenalan dini tentang narkoba, etika berlalu lintas, dan juga diskusi interaktif agar pelajar tidak melakukan tawuran.

“Melalui Gerakan Nasional Cinta Museum ini diharapkan citra museum di mata masyarakat menjadi terangkat. Selain itu Wisata Museum bertujuan juga memperkenalkan museum kepada pelajar dalam rangka membentuk karakter bangsa sejak dini,” katanya. (uky)

Iklan

Responses

  1. Kapan lagi ada funbike museum?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: