Oleh: museumku | 5 Juni 2011

Museum di Indonesia Memprihatinkan

mediaindonesia.com, Minggu, 29 Mei 2011 – Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar saat ditemui di Denpasar, Sabtu (28/5) mengatakan, banyak museum di Indonesia belum dilengkapi perangkat IT.

“Pemerintah akan terus membenahi dan mempromosikan potensi kunjungan wisata museum di Indonesia, namun pihak museum juga harus melengkapi dengan berbagai perangkat teknologi seperti layar sentuh yang memudahkan pencaharian, katalog, atau daftar benda-benda budaya sehingga pengunjung, terutama pengunjung mancanegara merasa betah dan dipermudah karena kiblat kita adalah pengunjung mancanegara sambil terus mengoptimalkan pengunjung lokal,” ujarnya di Denpasar, Bali, Sabtu (28/5).

Menurut Sapta, banyak sekali museum di Indonesia yang tidak memiliki fasilitas IT dan hanya menggunakan fasilitas manual. Pemerintah akan berupaya terus membenahi pelayanan museum dengan terus berkoordinasi dengan para stakeholder yang ada untuk melengkapi perangkat IT di masing-masing museum.

Upaya itu dinilai sangat sesuai dengan pariwisata Indonesia yang berbasiskan keindahan alam dan budaya. Museum dianggap berpotensi meningkatkan kunjungan wisata berbasiskan budaya. “Untuk itu pemerintah menetapkan tahun kunjungan museum selama tiga tahun berturut-turut untuk mempromosikan museum Indonesia ke seluruh dunia,” ujarnya. (OL/OL-8)

Iklan

Responses

  1. pak berhubung web tb silalahi center lagi ada perbaikan, mohon di link ke http://www.museumtbsilalahicenter.blogspot.com
    thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori