Oleh: museumku | 1 Maret 2011

Jatim Park, Afrika-Amerika dari Kota Batu

KOMPAS – Selasa, 22 Feb 2011 – Tahukah Anda apa itu alpaka? Pernahkah menyapa si hitam legam jaguar asal benua Amerika? Atau, tahukah Anda ada semacam monyet kecil bertubuh mungil seukuran kepalan tangan manusia dewasa asal Brasil? Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menemukan jenis binatang unik itu. Semuanya bisa dijumpai di Kota Batu, Jawa Timur.

Alpaka adalah binatang pegunungan asal Amerika Latin dengan habitat padang rumput berketinggian 3.500-5.000 meter di atas permukaan laut. Binatang berbulu ini mungkin lebih banyak dikenal dalam cerita anak-anak Nuzzle and Scratch di salah satu saluran siaran televisi berbayar.

Monyet kecil sekepalan tangan manusia adalah Common Marmoset (Callithrix jacchus). Ia adalah satwa pelompat pemakan serangga dan laba-laba yang bisa melahirkan anak kembar setiap tahun. Habitatnya berada di pedalaman hutan dan tepi pantai Brasil.

Di kota berhawa sejuk ini, Anda juga bisa melihat satwa-satwa awetan, fosil-fosil purba yang didatangkan dari benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, dan Eropa. Bahkan, Anda juga bisa mengenal replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, mammoth, dan replika satwa purba lainnya.

Beragam binatang unik dapat dijumpai di wahana wisata Jawa Timur Park 2 di Jalan Oro-Oro Ombo 9, Kota Batu. Jatim Park 2 adalah pengembangan dari wahana Jatim Park 1 yang berjarak satu kilometer dari Jatim Park 2. Kedua wahana ini terletak di Kota Batu.

Kota Batu berada 20 kilometer arah barat Kota Malang atau sekitar 20 kilometer dari Bandara Abdulrachman Saleh, Malang. Dari Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur, tempat ini bisa dijangkau dengan perjalanan darat selama 3 jam.

Jatim Park 1 berada di Jalan Kartika 2, Kota Batu, sedangkan Jatim Park 2 berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo 9, Kota Batu. Keduanya berada di lereng Gunung Panderman yang merupakan gunung pemberi lanskap keindahan bagi Kota Batu.

Memasuki Kota Batu, meski tetap disuguhi jalanan dan deretan perkampungan padat, setidaknya hati sudah mulai adem seiring terhirupnya udara segar. Apalagi, di kiri-kanan jalanan berkelok terhampar areal persawahan yang melegakan pandangan.

Sebelum melongok Jatim Park 2, ada baiknya terlebih dulu menyinggahi Jatim Park 1 di Jalan Kartika 2, Kota Batu.

Dengan tiket Rp 50.000, perjalanan wisata di Jatim Park I dimulai dengan menyaksikanberagam diorama galeri etnik Nusantara, mulai dari rumah dan baju adat beragam suku-suku di Indonesia, diorama manusia purba, hingga sejarah perjuangan bangsa.

Jangan lupa menengok galeri fisika dan beragam sajian edukatif lainnya. Di sini pengunjung bisa menjumpai taman burung dan ikan serta simulasi gunung meletus.

Letih dengan itu semua, kita bisa bermain-main dengan beragam wahana, seperti flying fox, spinning coaster, tornado, dan beragam jenis permainan anak- anak dan dewasa sebelum akhirnya menuju kolam renang. Wahana wisata ini juga dilengkapidengan bioskop tiga dimensi terbesar di Jatim. Berkapasitas 120 orang, bioskop ini membentangkan layar 8 x 6 meter.


Konsep edukasi

“Konsep Jatim Park 1 memang taman belajar dan rekreasi. Sekitar 60 persen sajiannya bersifat edukatif bagi anak-anak dan orang dewasa,” ujar Titik S Ariyanto, Marketing Manager Jatim Park 1.

Foto-foto: internet

Setelah puas menjelajahi Jatim Park 1, lanjutkan kunjungan Anda ke wahana wisata yang baru dibuka tahun 2010, yakni Jatim Park 2. Jatim Park 2 juga mengusung konsep edukasi, tapi lebih khusus mengenai satwa. Berlahan 11 hektar, wahana ini menyuguhkan tiga tujuan yang lebih lengkap dan menarik, yaitu Museum Satwa, Pohon Inn, dan Batu Secret Zoo.

Museum Satwa dengan gedung berarsitektur Romawi bisa dibilang sebagai museum modern. Lebih dari 1.000 satwa awetan dari berbagai negara ada di sini. Fosil beragam satwa, seperti kuda nil dan orang utan purba, pun berjejer rapi dalam museum ini.

Replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus- Rex, Stegosaurus, dan mammoth pun melengkapi koleksi museum satwa ini.  “Orang masuk museum biasanya merasa bosankarena kuno dan kumuh. Kami mendesain bangunan dengan megah, modern, dan apik,” tutur Rina Sari, Marketing Koordinator Jatim Park 2. Tiket masuk Jatim Park 2 seharga Rp 60.000.

Sebelum menyaksikan seluruh koleksi Jatim Park 2, ada baiknya Anda lebih dulu menyambangi Pohon Inn Hotel dan membuka trip dengan menyaksikan koleksi Museum Satwa. Sebab, jika sudah telanjur masuk ke Batu Secret Zoo, mungkin satwa-satwa unik sudah membuat Anda sulit beranjak dari situ.

Pohon Inn adalah hotel yang dibangun menyerupai pohon. Interior kamarnya pun memilikisentuhan-sentuhan hutan. Wisatawan yang penat dengan trip panjang Jatim Park 2 bisa langsung memesan kamar seharga Rp 450.000-Rp 1 juta per malam.

Selain Jatim Park, beberapa tempat wisata juga tersedia di kota yang terletak di ketinggian 600-800 meter dari permukaan laut ini, misalnya Batu Night Spectaculer, pemandian Songgoriti, Selecta, air terjun Coban Rondo, Coban Rais, Coban Talun, dan sebagainya.

Sektor pariwisata menjadi pilar utama perekonomian Kota Batu. Setiap tahun, sekitar 2 juta wisatawan mengunjungi kota ini. Apakah Anda juga berminat?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: