Oleh: museumku | 26 Mei 2012

Museum di DIY Mati Suri

Lengangnya Museum Batik Yogya–MI/Dhenok Pratiwi/bb

mediaindonesia.com, Jumat, 25 Mei 2012 – Keberadaan museum yang jumlahnya cukup banyak di Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta, sampai kini belum menjadi tujuan wisata utama terutama bagi wisatawan nusantara, Hal itu dikatakan Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih.

“Keadaan seperti itu karena selama ini museum hanya dikesankan sebagai gudang menyimpan barang rongsokan dan barang kuno yang tidak menarik untuk dikunjungi,” katanya di Yogyakarta, Jumat (25/5).

Ia mengatakan sudah saatnya keberadaan museum di daerah ini diangkat dan dipromosikan sebagai tujuan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara. Padahal, museum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa dikembangkan menjadi objek wisata pendidikan yang menarik untuk dikunjungi pelajar dan mahasiswa.

“Sejumlah museum di DIY yang beragam belum seluruhnya menjadi objek kunjungan wisatawan khususnya pelajar dan mahasiswa sehingga masih perlu promosi yang gencar,” kata Widi Utaminingsih yang yayasannya begerak di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Menurut dia, potensi museum di daerah ini yang bberagam itu jika dikelola dengan baik diyakini bisa menjadi objek wisata pendidikan yang mampu menarik minat wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Museum harus dikelola agar lebih menarik dan memicu minat wisatawan. Museum menyimpan benda yang memiliki nilai tinggi serta perlu diketahui para pelajar dan mahasiswa.Apalagi DIY menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan pelajar saat musim libur sekolah,” katanya.

Ia mengatakan perlu upaya mempromosikan museum di DIY kepada siswa sekolah di seluruh nusantara, sehingga ketika mereka mengadakan studi tur ke Yogyakarta bisa diarahkan untuk mengunjungi museum.

“Dari museum di DIY yang jumlahnya cukup banyak itu, sampai kini baru beberapa museum yang ramai dikunjungi wisatawan nusantara, di antaranya museum Monumen Jogja Kembali (Monjali), museum Gunung Merapi, museum Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, museum Sonobudoyo,dan museum Benteng,” katanya. (Ant/OL-04)

Iklan

Responses

  1. […] Tiket Masuk Objek Wisata Alas KedatonObjek wisata sekitar PangandaranMuseum di DIY Mati Suri […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori