Oleh: museumku | 18 Februari 2012

Pencurian di Museum Olimpiade

Museum di Olympia di Yunani yang menjadi target pencuri bersenjata.

bbcindonesia.com, Sabtu, 18 Februari 2012 – Perampok bersenjata mencuri puluhan artefak dari sebuah museum Yunani yang menyimpan benda bersejarah dari penyelenggaraan Olimpiade kuno. Dua orang bermasker merusak tempat pameran benda bersejarah dan mengambil lebih dari 60 benda setelah melumpuhkan seorang penjaga di museum di Olympia.

Walikota Olympia, mengatakan sebagian besar benda yang dicuri patung perunggu dan tanah liat, yang tidak terhitung nilainya.

Menteri Budaya Pavlos Geroulanos telah mengajukan pengunduran dirinya, tetapi sampai saat ini belum diterima.

Dia mengunjungi situs yang berada di perbukitan di Yunani bagian barat.

Wartawan BBC di Olympia Mark Lowen mengatakan pencurian itu menimbulkan sejumlah pertanyaan berkaitan dengan keamanan museum. Kasus pencurian ini merupakan yang kedua terjadi di museum besar di Yunani.

Pencuri bersenjata dilaporkan memasuki Museum Sejarah Olimpiade pada Jumat pagi waktu setempat dan meminta kepada seorang pegawai perempuan untuk menyerahkan sejumlah benda bersejarah.

Pegawai museum itu menolak, kemudian diikat dan disumbat.


Pengurangan anggaran budaya

Walikota Olympia Thymios Kotzias mengatakan pencuri – salah satunya memiliki senjata – melakukan aksinya ketika pergantian waktu kerja penjaga keamanan, mereka juga mematikan alarm.

“Kami harus menunggu dan melihat apa yang akan disampaikan oleh supervisor arkeologi lokal, tetapi benda-benda tersebut tidak ternilai.”

Pantelis Kapsis, seorang juru bicara Menteri Negara dan Pemerintah, mengatakan kepada BBC, sejumlah benda juga rusak akibat serangan perampok.

“Karena cara mereka merusak jendela tempat pameran menimbulkan goncangan. Beberapa benda rusak, jadi kami tidak mengetahui secara pasti apa saja yang diambil.”

Di kota itu terdapat dua museum yaitu Museum Olympia yang menyimpan sejumlah benda berharga dari reruntuhan penyelenggaraan Olympiade kuno dan museum Olimpiade yang lebih kecil, yang disebutkan lebih longgar keamanannya.

Setiap tahun ratusan ribu orang berkunjung ke Olympia, tempat lahirnya Olimpade Kuno.

Pencurian benda bersejarah juga terjadi di Galeri Nasional di Athena pada Januari lalu, dua buah lukisan dari Picasso dan Guglielmo Caccia hilang.

Seperti diberitakan AFP, krisis keuangan Yunani membuat sejumlah departemen melakukan pengurangan anggaran termasuk menteri kebudayaan, dan terjadi penghentian tenaga kerja dalam dua tahun terakhir.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori