Oleh: museumku | 15 April 2010

Museum Asi Mbojo

Museum Asi Mbojo (bahasa Bima Asi = istana) merupakan bekas istana Kesultanan Bima. Bangunannya merupakan perpaduan antara arsitektur Mbojo dan Belanda. Dengan berakhirnya masa kesultanan pada 1952, kemegahan istana ini juga mulai sirna. Pada 1980 di saat pemerintahan Bupati H. Oemarharoen B.Sc, istana yang hampir runtuh ini diperbaiki dan dipugar. Kemudian oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dijadikan benda cagar budaya.

Istana ini telah berfungsi sebagai Museum Daerah Kabupaten Bima sejak 10 Agustus 1989. Dengan adanya otonomi daerah, maka pada Maret 2008 museum ini berubah menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Asi Mbojo.


KOLEKSI

Koleksi museum ini terdiri atas benda-benda geologi, flora dan fauna, serta benda-benda yang berhubungan dengan upacara daur hidup (kehamilan, kelahiran, perkawinan, dan kematian). Selain itu terdapat pusaka milik kesultanan yang terbuat dari emas dan perak, seperti alat-alat upacara, senjata, peralatan makan, mahkota, dan perhiasan untuk penari.


ALAMAT

Jalan Sultan Ibrahim No. 2
Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat,
Kota Bima, NTB
Telepon 0374-45201


JAM KUNJUNG

Selasa – Sabtu: 07.30 – 14.30 WITA
Senin: Tutup


KARCIS MASUK

Dewasa: Rp 2.000
Anak-anak: Rp 500
Mahasiswa/pelajar: Rp 1.000
Turis mancanegara: Rp 3.000

Iklan

Responses

  1. kalau data pengunjung asi mbojo mulai tahun 2008 ada gak. soalnya saya mau tulis skripsi tentang asi mbojo. trimakasih.

    • Kami hanya membantu menginformasikan museum2 di Indonesia, namun tidak selalu mempunyai hubungan ke sana. Silakan hubungi museum tsb melalui kontak telepon, tks.

  2. Saya hanya dapat data pengunjung tahun 2010, yakni 1.017 orang per tahun, tapi tidak dirinci mana wisman dan mana wisnu. Demikian info dari saya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori