Oleh: museumku | 25 Desember 2011

Ratusan Museum di Indonesia Sekarat

MI/Panca Syurkani/pj

mediaindonesia.com, Kamis, 15 Desember 2011 – Separuh dari 275 museum yang ada di Indonesia saat ini dalam kondisi yang sulit beroperasi secara maksimal. Hal ini dikarenakan tidak berimbangnya antara biaya operasional yang dikeluarkan dengan pendapatan.

Hal itu dikatakan Direktur Permuseuman Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Intan Mardiana di sela-sela acara workshop Gerakan Nasional Cinta Museum di Arma Museum Ubud, Bali, Kamis (15/12).

Untuk lebih memberdayakan museum, kata Intan, pihak Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala melakukan revitalisasi museum. Tahun ini ada 42 museum yang sudah direvitalisasi. Dalam program revitalisasi ini, lanjut Intan, digelontorkan sejumlah dana. Salah satu diantaranya adalah museum Bali yang mendapat bantuan Rp2 miliar.”Kita prioritaskan membantu museum-museum provinsi,” ujar Intan.

Intan juga mengatakan saat ini ada perubahan paradigma soal museum yang bukan saja berorientasi pada koleksi, melainkan berorientasi pada pengunjung yang dilayaninya.

“Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan citra museum dan memperkuat jejaring museum kepada komunitas maupun masyarakat,” jelas Intan. (RS/OL-04)


Tinggalkan komentar

Kategori