Oleh: museumku | 31 Oktober 2010

Museum Bung Karno

KOMPAS Jawa Barat, Kamis, 28 Okt 2010 – Surat Pembaca

Bagaimana kalau nama Museum TNI Satria Mandala di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, diusulkan menjadi Museum Bung Karno, tentu melalui berbagai pertimbangan dan keputusan Presiden RI?

Di tempat tersebut (Wisma Yaso), Bung Karno mengalami berbagai penderitaan selama menjadi tawanan Orde Baru bersama Ratna Sari Dewi. Penderitaan Bung Karno bisa digali dari orang-orang yang berhubungan langsung, seperti dokter pribadi, para ajudan, putra-putri, serta para juru masak dan pembantu lain.

Penelitian tersebut perlu segera dilaksanakan sebelum para pelaku dan saksi sejarah masa akhir kehidupan Bung Karno habis ditelan bumi. Bung Karno adalah salah satu mata rantai dalam long march perjuangan bangsa menuju kemerdekaan. Sewaktu Ibu Dewi, yang bernama asli Naoko Nemoto, berkunjung ke Indonesia atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghadiri upacara 65 tahun kemerdekaan RI di Istana Negara, beliau sempat meminta kembali sebagian dari Wisma Yaso untuk tempat tinggal di Indonesia.

Realisasi pembangunan Museum Bung Karno bisa dilaksanakan istri kelima Bung Karno tersebut dibantu putra-putrinya, yang tentu tahu persis apa yang perlu disimpan di museum tersebut. Materi yang perlu disimpan, di antaranya, teks proklamasi, duplikat bendera Merah Putih, berbagai buku pidato Bung Karno, dokumentasi foto, serta barang-barang seni koleksi Bung Karno.

Putra-putri Bung Karno dan Ibu Dewi tahu persis barang-barang tersebut dan di mana keberadaannya. Akan tetapi, ada satu hal yang tampaknya mereka tidak tahu atau mungkin lupa pada waktu ibu kota RI pindah ke Yogyakarta, yaitu diperlukan lambang negara yang saat ini dikenal sebagai Garuda Pancasila.

SOETADJI KERTOWINOTO
Jalan Kopo Katapang
Nomor 578,
Kabupaten Bandung

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: