Kontak

Sehubungan adanya Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka terjadi perubahan nama atas beberapa direktorat di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan. Direktorat Museum bergabung dengan Direktorat Tinggalan Purbakala serta Direktorat Warisan Budaya Bawar Air dan Warisan Kolonial menjadi Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman.

Alamat Lama:
Direktorat Museum,
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
Kompleks Depdiknas Gedung E Lantai 10,
Jalan Jendral Sudirman, Senayan,
Jakarta 10270, Telepon 62 21 572-5047

Alamat Baru:
Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kompleks Kemdikbud Gedung E Lantai 11,
Jalan Jendral Sudirman, Senayan,
Jakarta 10270, Telp/Faks: (021)5725532, 5725512

Untuk kontak email, silakan klik gambar di bawah ini:

Responses

  1. saya mahasiswa akhir di UIN jakarta . saya sedang skripsi dengan Judul Peranan Museum dalam pembelajaran sejarah di SMP YMJ,namun sy belum menemuka pendapat Ahli tentang arti museum dalam buku -buku baik pengarang,maupun percetakannya

  2. Pendapat ttg museum biasanya mengacu pada ICOM (International Council of Museums), lihat beberapa makalah di sini…

  3. apakah beasiswa untuk tahun 2012 masih dibuka? ak Husnul Yakin Mahasiswa Sejarah Universitas Negeri Malang dari Lombok.

    • Beasiswa hanya untuk pegawai tetap museum…untuk tahun 2012 masih dalam proses pembicaraan

  4. kalo maw belajar lukis model karikatur tingkat dewasa apakah ada???

    • Silakan hubungi Museum Basoeki Abdullah, biasanya ada kegiatan yang berhubungan dengan seni lukis

  5. gak pernah telp. bgmana kbrnya. anang halim

  6. Saya warga Banyumas. Di tempat saya ada Kepangeranan yang dulu menjadi cikal bakal berdirinya kabupaten Banyumas. Kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal di sana tersimpan aneka benda peninggalan yang menurut saya layak diketahui oleh generasi penerus di kabupaten ini. Bagaimana caranya kami bisa mendapatkan dana bantuan untuk revitalisasi gedung tersebut, sehingga bisa menjadi sebuah musem yang layak.

  7. apakah masih ada perpanjangan beasiswa s2 program spesialis keahlian permuseuman untuk tahun 2012 ini

    • Sudah ditutup Pak. Mudah2an tahun depan masih ada kesempatan serupa.

  8. Perkenalkan, saya Wahyu (Teknik Fisika – ITB) ingin melakukan tugas akhir tentang kondisi akustik Borobudur. Untuk masalah perijinan, bisa diinformasikan bagaimana caranya? Tugas akhir saya membutuhkan pengukuran malam hari. Apakah saya bisa megirimkan proposal penelitian saya lewat surat ke alamat di atas, atau harus menemui langsung?
    Saya tunggu informasi selanjutnya. Terima kasih.

    • Menurut info yang saya terima, silakan mengajukan izin tertulis ke Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman di Kompleks Kemendikbud, Jalan Jend Sudirman, Gedung E lt 11. Setelah itu menghubungi Balai Konservasi Peninggalan Borobudur di Candi Borobudur. Nanti pihak sana yang akan mendampingi di lapangan.

  9. http://www.museumbatik.org
    itu merupakan web resmi museum batik pekalongan, mohon untuk admin museumku bisa di link kan web tersebut

    • Baik Pak, tks atas infonya. Akan segera di link.

  10. saya butuh informasi mengenai museum cakrabuana cirebon untuk bahan tulisan. apakah ada yang tahu link untuk mencari infonya?

    Paramitha D.Z.

    • Maaf Bu, setelah dicari-cari infonya masih minim.

    • Ada disinggung sekilas di buku “Museum-museum di Jawa Barat” terbitan Disparbud Jabar. Nama lengkapnya Museum Pangeran Cakrabuana, Jln. Sunan Drajat No. 09 Sumber, Kab. Cirebon 45611. Tlp/Fax (0231)321208. Lokasinya mdh diakses krn di pinggir jalan umum yg menghubungkan Sumber dg Kota Crbn. Demikian info yang saya terima, semoga bermanfaat.

  11. perkenalkan saya Fariza, mahasiswi tek arsitektur Univ. Diponegoro Semarang. sedang menjalani Tugas Akhir mengenai Museum. yang saya mau tanyakan dimana saya bisa mendapatkan buku mengenai pembakuan permuseuman, serta peraturan mengenai pembangunan sebuah museum. mohon informasinya
    terimakasih

    • Buku-buku permuseuman ada di Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kompleks Kemendikbud, Jl Jend Sudirman, Jakarta Pusat. Tepatnya di Gedung E lt 11. Mohon membawa surat pengantar dari Undip, tks.

  12. Salam hormat, kami bermaksud membuka sebuah museum di Kabupaten Siak Provinsi Riau
    kami memerlukan sejumlah masukan masukan mengenai tata cara pendirian museum, petunjuk petunjuk teknis mengenai tata cara peletakan dan standartnya. bagaimana saya bisa mendapat informasi tersebut. terima kasih
    Amrun Salmon – Riau

    • Silakan baca tulisan “Bagaimana Mendirikan Museum” Pak. Kalau masih belum jelas, silakan telepon. Alamatnya ada di “Kontak”

      • Salam hormat.
        Terima kasih atas balasannya pak. Bagaimana cara untuk mendapatkan buku buku mengenai museum pak, sehubungan kami belum berkesempatan ke Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman seperti buku “Pedoman standarisasi Pengadaan Sarana Peralatan Pokok Museum Umum” dll.
        Dapatkah kami meminta bantuan pebelian dan pengiriman buku buku tersebut pak. Terima kasih

  13. perkenalkan saya Ashar mahasiswa pascasarjana UGM dengan konsentrasi Museologi. Apakah Direktorat Permuseuman mengeluarkan jurnal yang khusus membahas tentang museum? jika ada, bagaimana cara mengaksesnya? dan bagaimana cara dan syaratnya apabila ingin menulis di jurnal tersebut?
    terima kasih

  14. saya Lia, mahasiswa Universitas Sriwijaya, saya sedng memulai tugas akhir tetng redesain museum, saat ini saya sangt membutuhkn buku/ebook Pedoman Pendirian Museum. kira2 dimana y saya bisa mendaptkn ny? terima kasih 🙂

  15. salam sejahtra

    bulan november ini kami mahasiswa dari universitas mahendradatta bali akan mengadakan acara kunjungan ke museum ,apakah bisa kami bikin spanduk atau flyer mengenai gerakan nasional cinta museum.

    terima kasih

  16. terima kasih atas informasi perubahan Direktorat Museum menjadi Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman.
    Selanjutnya mohon diikutkan museum kami, Museum Simalungun, yang telah berdiri sejak th. 1940, kepada korespondensi permuseuman di Indonesia, yang beralamat di Jl.Sudirman No. 20 Pematang Siantar, 21115.

  17. Bersama ini disampaikan dengan hormat bahwasaya pemilik toko telur asin panggang pak rosid pertama di indonesia dan saya sedang mendirikan galeri telur.. Sebab brebes terkenal dengan telur . Perlu saya sampaikan juga bahwa untuk keperluan tersebut saya sudah mengoleksi puluhan jenis telur dari berbagai binatang yang ada di Indonesia , sebagai bahan untuk menuju menjadi Musium Telur.Dan saya sudah dapat surat keterangan dari Dinas Peternakan tentang Galeri Telur N0. :524/508/2014. Berkaitan dengan hal itu mohon kiranya memberikan saran, masukan dan nasehat agar agar rencana Musium Telur bisa terlaksana dan mendapatkan biaya sekian dan saya ucapkan terima kasih

  18. saya akan menyusun skripsi ,, apakah ada buku – buku dari pendapat ahli mengenai museum.. jika ada dimanakah bisa menemukan buku tersebut ?

    • Coba hubungi Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Gedung E lantai 11, Kemdikbud, Jl Jendral Sudirman, Jakarta Pusat

  19. Gerakan Nasional Cinta Museum berlangsung dari tahun 2010-2014, apakah ada ulasan mengenai hasil / kemajuan gerakan ini selama 5 tahun? kemudian untuk tahun 2015 apakah ada program baru untuk memajukan permuseuman di Indonesia? mohon informasinya terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s