Oleh: museumku | 11 September 2013

Lomba Penulisan Sejarah Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Lomba Penulisan Sejarah Sekitar Proklamasi untuk Mahasiswa se-Jabodetabek (5 Sept – 5 Okt 2013)

Dalam rangka memperingati Proklamasi RI ke 68, Museum Perumusan Naskah Proklamasi menyelenggarakan Lomba Penulisan Sejarah Sekitar Proklamasi. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 adalah babak awal yang paling penting dari kelahiran suatu negara baru Republik Indonesia. Dalam upaya menggali arti penting peristiwa proklamasi inilah, Museum Perumusan Naskah Proklamasi mengundang para mahasiswa se-Jabodetabek untuk menyumbangkan gagasan/hasil penelitiannya dalam bentuk sebuah paper/makalah. Kegiatan ini diselenggarakan berkaitan dengan salah satu fungsi museum, yaitu memelihara ingatan kolektif bangsa dan mengkomunikasikan koleksi (tangible) dan cerita di balik koleksi (intangible).

Lomba Penulisan Sejarah Sekitar Proklamasi pada tahun 2013 ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menuangkan buah pikirannya mengenai peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 serta kaitannya dengan semangat proklamasi dalam bentuk tulisan dan lisan (presentasi) yang diikuti mahasiswa (terbuka untuk semua jurusan, baik itu ilmu sosial maupun ilmu eksakta) dengan sub tema: “Semangat Proklamasi, serta Upaya untuk Memelihara Memori Kolektif Bangsa”. Melalui lomba ini, para peserta diharapkan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai nilai-nilai sejarah serta dapat menginformasikan pesan dari peristiwa sekitar proklamasi untuk memperkuat jati diri dan membangun karakter generasi muda Indonesia.


Topik pilihan:

1. Peranan aktor sejarah baik itu tokoh golongan tua, pemuda, golongan profesi, serta tokoh lainnya yang memiliki peran dalam sejarah perjuangan bangsa di sekitar proklamasi.
2. Peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di tingkat lokal dan nasional dalam kurun waktu 14 Agustus 1945 hingga 23 Agustus 1945.
3. Peranan kelembagaan (pers, organisasi, laskar, serta badan-badan lainnya) yang terkait langsung dengan peristiwa sekitar proklamasi.

a. Ketentuan Naskah:
1. Judul dan isi sesuai sub tema dan topik pilihan yang ditetapkan panitia.
2. Karya tulis terdiri atas: Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan. Isi berisi jawaban atas rumusan masalah. Pada bagian akhir berisi Kesimpulan.
3. Gunakan sumber-sumber (data sejarah) yang menunjang karya tulis, baik sumber tertulis (dokumen, literatur, surat kabar, dan lain-lain) maupun hasil wawancara dan kunjungan perpustakaan, museum, website, internet, dan lain sebagainya.
4. Murni hasil karya sendiri (bukan plagiat atau saduran) dan belum pernah ikut lomba sejenis dan belum pernah dipublikasikan di media massa atau jurnal manapun.
5. Menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar.
6. Naskah diketik di atas kertas A4 (21×29,7 cm), 80 gram, berjumlah 10 – 15 halaman (termasuk halaman judul, halaman pengesahan, daftar isi, daftar pustaka, dan biodata), menggunakan huruf Times New Roman – font 12, spasi 1,5.
7. Margin kiri 4 cm, margin atas, bawah, dan kanan 3 cm.
8. Halaman sampul (cover) berisi: judul, nama penulis, nomor induk mahasiswa, nama perguruan tinggi, dan tahun (2013).
9. Halaman pengesahan berisi nama penulis, nomor induk mahasiswa, judul, nama pembimbing dan tandatangan, serta diketahui dan ditandatangani Ketua Jurusan, lalu dicap dengan stempel jurusan.
10. Biodata lengkap (termasuk nomor hp/telp rumah agar memudahkan untuk dihubungi panitia) diletakkan di halaman terakhir.
11. Wajib melampirkan tiket masuk Museum Perumusan Naskah Proklamasi.
12. Mengirimkan satu naskah via pos ke:
Panitia Lomba Penulisan Sejarah Sekitar Proklamasi 2013
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Jl. Imam Bonjol No. 1
Menteng Jakarta Pusat 10310
selambat-lambatnya pada 5 Oktober 2013 Pukul 23.59 WIB
13. Mengirimkan soft copy melalui email Museum Perumusan Naskah Proklamasi lomba.munasprok@yahoo.com selambat-lambatnya pada 5 Oktober 2013 Pukul 23.59 WIB.

b. Kriteria Penilaian:
1. Kaitan judul dengan tema
2. Alur penulisan
3. Penelusuran dan penggunaan sumber
4. Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar

c. Tahapan seleksi:
1. Seleksi tahap I, dilaksanakan pada 5 September – 5 Oktober 2013 oleh Panitia untuk memilih karya tulis yang memenuhi persyaratan pada (a) ketentuan naskah (1 s.d 11).
2. Seleksi tahap II, dilaksanakan pada 7 Oktober – 21 Oktober 2013 oleh Dewan Juri untuk memilih sepuluh finalis karya tulis terbaik yang akan diundang ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Pengumuman sepuluh finalis akan disampaikan pada Website Museum Perumusan Naskah Proklamasi, selambat-lambatnya pada 24 Oktober 2013
3. Seleksi tahap III, dilaksanakan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, pada 11 Nopember 2013. Sepuluh finalis mempresentasikan karyanya di hadapan Dewan Juri guna menentukan urutan pemenang.
4. Pengumuman pemenang langsung diumumkan pada hari dilaksanakannya tahapan presentasi

d. Ketentuan Lain
1. Panitia menghubungi 10 finalis pada 25 Oktober 2013
2. Bagi para pemenang, panitia menyediakan hadiah berupa:
a. Juara 1: Rp. 11.000.000 + hadiah + trofi
b. Juara 2: Rp. 9.000.000 + hadiah + trofi
c. Juara 3: Rp. 7.500.000 + hadiah + trofi
d. Juara Harapan 1: Rp. 5.000.000 + hadiah + trofi
e. Juara Harapan 2: Rp. 3.000.000 + hadiah + trofi
f. Juara Harapan 3: Rp. 1.500.000 + hadiah + trofi
g. Hadiah hiburan untuk 4 orang: Rp. 1.000.000 + trofi

3. Seluruh karya yang diterima panitia menjadi milik Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
4. Karya tulis terbaik akan diterbitkan dan didistribusikan ke berbagai pihak sesuai dengan yang ditentukan oleh Museum Perumusan Naskah Proklamasi.
5. Dapat menambahkan lampiran jika ada (di luar dari ketentuan 10 – 15 halaman)
6. Karya tulis harus sesuai dengan format yang telah ditentukan, jika tidak maka akan dianggap gugur.
7. Informasi lomba:
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Jl. Imam Bonjol No.1 Menteng Jakarta Pusat 10310
Telepon: 021-3144743
Website: http://www.munasprok.com atau http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditjenbud/museumnaskahproklamasi

Mus-perumus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori