Oleh: museumku | 28 Oktober 2012

Museum Nasional Bosnia berusia 124 tahun ditutup

Museum Bosnia (Foto: internet)

Jumat, 5 Oktober 2012Jakarta (ANTARA News) – Museum Nasional Bosnia Herzegovina yang 124 tahun akhirnya resmi ditutup karena kekurangan dana dan faktor politis.

Para pegawai museum tersebut tidak dibayarkan gajinya sejak satu tahun yang lalu. Mereka dan ratusan pelajar kemudian melakukan protes terkait penutupan museum yang telah selamat dari dua perang dunia itu.

Di dalam gedung yang didirikan pada 1888 itu terdapat Sarajevo Haggadah, sebuah manuskrip bergambar peninggalan perang dunia ke II. Benda bersejarah itu merupakan milik seorang keluarga yahudi asal Spanyol yang diusir dan berhasil selamat dari pasukan Hitler.

Sepanjang tahun ini, terdapat enam institusi kebudayaan yang sedang berjuang dari penutupan di Bosnia Herzegovina. Mereka kebanyakan bertahan dengan jumlah keuangan yang sangat sedikit.

“Sebuah situasi yang kompleks… Para penguasa harus bisa menyediakan uang untuk gaji para pegawai dan urusan fungsional,” kata Manajer Museum, Adnan Busuladzic seperti dikutip laman BBC.

Dia mengungkapkan Museum membutuhkan sekitar 60 ribu euro perbulan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab masalahnya yaitu, negara tersebut tidak memiliki menteri kebudayaan dalam pemerintahannya. (lod)

Editor: Desy Saputra


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori