Oleh: museumku | 19 Oktober 2016

Pergelaran Wayang dan Peluncuran Buku di Museum Wayang

wayang-01Peluncuran buku sekaligus pembahasan buku Ruwatan Murwakala Surakarta karya Dr. Lies Mariani Mardjono

Ruwatan merupakan sebuah proses upaya ‘pembersihan’ atau ‘pensucian’, khususnya bagi keluarga yang mempunyai anak-anak yang termasuk golongan sukerta. Upacara ruwatan bersifat sakral dan sampai sekarang masih diselenggarakan oleh sebagian masyarakat Jawa. Pelaksanaan ruwatan dipimpin oleh seorang dalang ruwat, karena dalang ruwat dipercaya sebagai wakil dari kedua orang tua.

Di Surakarta ada yang disebut upacara ruwatan murwakala. Ritualnya dilengkapi lakon yang menyiratkan nilai dan hakikat kehidupan manusia, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama, hubungan manusia dengan alam lingkungan, dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Tradisi ruwatan telah dikenal sejak masa Singhasari-Majapahit, abad ke-13—15.

Demikianlah, pada Kamis, 13 Oktober 2016 Museum Wayang di kawasan kotatua Jakarta, menyelenggarakan pergelaran wayang ruwatan. Pertunjukan ini dipimpin dalang wanita KMAT Rara Rumiyati dengan durasi sekitar dua jam. Sebelumnya, pengantar ruwatan diberikan oleh narasumber Dr. Suratmo dan Dalang Ruwatan Sastro Karyono Satiman.

Pada kesempatan itu diluncurkan buku berjudul Ruwatan Murwakala Surakarta karya Dr. Lies Mariani Mardjono. Selanjutnya dilakukan pembahasan oleh Prof. Edi Sedyawati dengan moderator Dr. Kresno Yulianto.  (Djulianto Susantio)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: