Oleh: museumku | 30 Desember 2010

Wisata Museum Menelusuri Sejarah

Epochtimes.co.id, Jumat, 09 April 2010 – Surabaya — Tahun 2010 dicanangkan pemerintah sebagai Tahun Kunjung Museum 2010. Museum memiliki peran penting untuk pembelajaran bagi generasi menerus. Museum sebagai tempat pembelajaran sejarah dan budaya bangsa, melalui beragam koleksi yang dimilikinya.

Selain untuk melestarikan dan memperkenalkannya kepada masyarakat umum, baik masyarakat setempat juga asing yang tertarik dengan koleksinya. Mecermati perkembangan tersebut, pemerintah melalui Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menjadikan museum juga sebagai tempat wisata.

Indonesia memiliki lebih dari 170 Museum merupakan potensi yang besar untuk mendatangkan wisatawan.

Kini makin disadari bahwa kunjungan ke Museum tidaklah hanya untuk berekreasi, tetapi juga terjadi proses pengenalan, pembelajaran dan apresiasi atas sejarah dan warisan budaya yang kita temui dalam koleksi berbagai Museum di Indonesia.

Atas dasar itulah House of Sampoerna mengadakan Tur Wisata Museum ke beberapa museum yang berada di Surabaya.

Acara ini ditandai dengan peluncuran website wisatamuseum.com, Sabtu (27/3) tepat pukul 10.00 WIB di Museum House of Sampoerna oleh Walikota Surabaya Bambang DH disaksikan oleh Ina Silas dari Museum House of Sampoerna dan Niken Rachmad, Direktur Komunikasi PT. HM. Sampoerna Tbk, beberapa perwakilan museum nasional dan swasta yang ada di Surabaya.

Dalam kata sambutannya walikota sangat berterima kasih atas peran serta pihak swasta yang dipelopori oleh HoS. Banyak program dari Sampoerna yang ditujukan untuk masyarakat yang dikenal dengan nama “Sampoerna untuk Indonesia”.

“Surabaya memiliki komitmen sangat besar terhadap budaya dan seni. Salah satu contoh dari pihak swasta Sampoerna melalui House of Sampoerna. Banyak program Sampoerna untuk kemasylahatan khlayak, yaitu Sampoerna untuk Indonesia, sekarang Sampoerna untuk Surabaya. Sekarang kita canangkan Surabaya untuk Indonesia.”

KIRI: Patung Ganesha di Museum Kesehatan “Dr Adhyatma, MPH” Surabaya. KANAN: Museum TNI AL “Loka Jala Crana” Surabaya. (AMELIA/THE EPOCH TIMES)

Dalam kesempatan tersebut Walikota menyatakan akan merencanakan kawasan pecianan Kembang Jepun dan sekitarnya akan ditingkatkan kualitasnya sebagai kawasan wisata. Tata kota akan segera dibenahi.

Maksud meluncurkan website “wisatamuseum.com” sebagai bentuk peran aktif dalam memperkenalkan dan mempromosikan museum-museum di Indonesia, dalam rangka mendukung Tahun Kunjung Museum 2010 agar lebih dikenal masyarakat. Mulai dari brosur, agenda kegiatan, hingga promosi melalui media online. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, media online merupakan sebuah media komunikasi dengan jangkauan luas, cepat dan efektif yang dapat di akses oleh siapapun, kapanpun dan dari manapun.

Hal inilah yang mendasari HoS membuat “wisatamuseum.com” dimana informasi berbagai museum di Indonesia terutama tujuh partner museum yang menjadi icon Wisata Museum dari kota masing-masing, museum di Surabaya, serta direktori museum-museum lain di Indonesia, terkumpul menjadi satu website, yang ditampilkan dalam bahasa Indonesia dan Inggris (dalam waktu dekat), untuk memudahkan para pecinta Museum dan calon wisatawan mendapatkan informasi tentang museum di suatu kota.

Mulai hari itu website tersebut dapat diakses oleh masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang museum-museum yang ada di Indonesia.

”PT HM Sampoerna Tbk. sangat menjunjung tinggi pelestarian seni dan budaya bangsa Indonesia. Program-program ini adalah bentuk kepedulian dan dukungan kami dalam membangkitkan semangat kebangsaan, kebersamaan, meningkatkan apresiasi, serta menumbuhkan kecintaan bangsa terhadap kekayaan ragam budaya Indonesia,” demikian sambutan Niken Rachmad, Direktur Komunikasi PT. HM. Sampoerna Tbk.

Untuk suksesnya Tahun Kunjung Museum 2010, HoS dengan menggandeng beberapa pejabat terkait, menyiapkan berbagai agenda kegiatan Museum lainnya, seperti: pembuatan Surabaya Heritage Map (Peta Peninggalan Surabaya) yang bekerja sama dengan Suara Surabaya, pameran “Museum Jawa Timur dalam Desain Grafis dan Interior” bekerja sama dengan Universitas Ciputra Surabaya, serta Museum Tur pada program Surabaya Heritage Track.

“House of Sampoerna akan terus aktif memajukan Museum sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia dengan melibatkan secara langsung para pemangku kepentingan dalam berbagai kegiatan, seperti dalam pembuatan website ini dimana kami juga melibatkan komunitas blogger Surabaya.” tambah Ina, Manager of House of Sampoerna.

Dalam kesempatan tersebut juga yang hadir diajak mengunjungi tiga museum yang ada di Surabaya utara, yaitu museum Kesehatan DR. Adhyatma, MPH yang berada di jalan Indrapura 17, museum TNI-AL Loka Jala Crana di Candradimuka Komplek pendidikan TNI AL Bumimoro Surab. aya dan Museum Jales Viva Jaya Mahe di Pangkalan Koarmatim.

Dari Surabaya untuk Museum Indonesia merupakan partisipasi House of Sampoerna untuk Tahun Kunjung Museum 2010 dalam memberikan tujuan wisata baru di Indonesia, sekaligus dengan harapan dapat memajukan permuseuman nasional. Juga momen memperingati hari jadi museum Internasional yang jatuh 18 Mei yang akan datang.

About these ads

Responses

  1. museum memang benar bisa d jadikan salah satu tempat wisata yang dapat menarik perhatian para wisatawan manca negara.. thank’s buat info wisata nya…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.607 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: