Oleh: museumku | 13 April 2010

Museum Satria Mandala

Museum TNI Satria Mandala diresmikan pada 5 Oktober 1972 oleh Presiden Soeharto. Gedung museum ini sebelumnya dikenal sebagai Wisma Yaso, tempat kediaman Ratna Sari Dewi Soekarno dan tempat Bung Karno disemayamkan sebelum dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Museum TNI Satria Mandala merupakan salah satu sarana dalam pembinaan dan pelestarian jiwa serta semangat kejuangan di lingkungan TNI bersama rakyat. Selain itu merupakan sarana yang efektif untuk mewariskan nilai-nilai juang 45 dan nilai-nilai luhur TNI 45 secara utuh dan berlanjut. Kepribadian dan jatidiri TNI sebagai pejuang prajurit maupun prajurit pejuang dapat dicermati melalui benda sejarah yang terdapat di Ruang Panji-panji, Ruang Jenderal Sudirman, Ruang Jenderal Oerip Sumohardjo, Ruang Tanda Jasa, Ruang Potret TNI, Ruang Senjata, Balairung Pahlawan, dan Ruang Pakaian Seragam.

Rangkaian cerita yang menggambarkan sejarah perjuangan TNI disajikan dalam bentuk diorama. Di halaman luar museum terdapat berbagai peralatan yang pernah dipergunakan oleh TNI, dalam menghadapi lawan yang merongrong kedaulatan negara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, antara lain pesawat terbang, peluru kendali, kendaraan tempur, dan meriam. Dengan mencermati benda-benda sejarah yang ada di museum ini, kita memperoleh inspirasi, pelajaran dari pengalaman masa lalu.

ALAMAT
Jalan Gatot Subroto Kav. 14
Jakarta Selatan
Telepon (021)-5227949 begin_of_the_skype_highlighting              (021)-5227949      end_of_the_skype_highlighting

JAM BUKA
Selasa – Minggu: 09.00 – 17.00 WIB
Senin dan Hari libur nasional: Tutup

KARCIS MASUK
Dewasa: Rp 3.000
Anak-anak: Rp 1.000
(SEDANG DIKONFIRMASI)

KOLEKSI MUSEUM



About these ads

Responses

  1. Kami dari SD Bina Insani Bogor, Insya Allah akan mengadakan kunjungan pada tanggal 28 Oktober 2010, untuk itu kami mohon nomor telpon yang bisa dihubungi, untuk memperlancar kegiatan tersebut. terimakasih

    • Silakan hubungi (021)-5227949

  2. Perbaiki Penerangan museum dan tanda-tanda nya juga, agar semangat juang di museum tidak berubah jadi mistis, dan pengunjung tidak kesusahan membaca keterangan sejarah di dalam museum.

  3. saya sedang ingin mengikuti pemilihan model majalah game di jakarta dan dimana diantara persyaratan tersebut mengharuskan saya untuk foto bergaya/ berlatarkan military (militer)
    yang jadi pertanyaan saya apakah saya boleh melakukan beberapa sesi foto dengan menggunakan replika senjata airsoft gun (senjata main2an) yang digunakan hanya untuk melengkapi sesi foto.
    dan apakah saya harus meminta izin secara tertulis terlebih dahulu?
    terima kasih

    • Apakah sudah menghubungi nomor kontak Museum Satria Mandala di atas?

  4. Assalamu’alaikum..
    Bapak/Ibu Pimpinan Musium Satria Mandala Yang terhormat..
    Kami dari SDIT Al Fatah Kota Bekasi, Insya Allah akan merencanakan untuk melakukan kegiatan Outing Class di Musium Satria Mandala dengan menyertakan 106 Siswa/siswi dan 8 orang pembimbing.. waktu pelaksanaan Insya Allah Tanggal 12 April 2011.. Pukul 09.00 WIB. demikian surat ini kami sampaikan.

    • Silakan hubungi no kontak Mus Satria Mandala yg tertera

  5. kalau mau menggunakan jasa tur guide didalam museum dikenakan tarif berapa?tq

  6. Assalamu’alaikum. kami dari SDS Borobudur ingin melakukan survei bisa minta kontak person rencana nya pada hari selasa tgl 21 februari akn melakukan study banding ke sana….

    • Silakan hubungi langsung pengelola Museum Satria Mandala, nomor kontaknya sudah tersedia

  7. mari berkunjung kemuseum

  8. assalamu’alaikum. kami dari SDI Al Azhar 30 bandung insya allah akan berkunjung ke musium satria mandala ini. mengenai tiket masuk bila kami rombongan 40 siswa dan 30 dewasa tiketnya bagaimana? bisa ada penyesuaian tidak?

    • Silakan hubungi langsung Museum Satria Mandala

  9. saya lihat semua yang bertanya ingin berkunjung secara rombongan besar, apakah mungkin rombongan kecil (1 keluarga = 5 orang) dapat berkunjung? Sy sdh mencoba telp ke nmr diatas bbrp kali, tp telp slalu masih dlm perbaikan. Mohon infonya. thanks

    • Siapa saja boleh datang ke sana, perorangan ataupun rombongan. Berdasarkan data yang ada pada kami no kontak Mus Satria Mandala adalah 021-5227545, 5227946, dan 52251795

  10. GBHN
    NO: /002-07/2000

    MUSIUM DISITA PEMERINTAH

  11. saya ingin tahu mengenai Koleksi buku atau arsip di Perpustakaan Satria Mandala, kemana saya harus menghubungi? email atau no telp

  12. Assalamu’alaikum wr wb.
    Insya Allah kami akan ke mus Satria mandala pada awal januari beserta murid murid kami. haruskah kami pesan tiket terlebih dahulu ataukan bisa datang langsung beli tiket masuk?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.605 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: